Menkeu Heran Mata Uang 3 Negara Ini Lebih Kuat dari Rupiah

Rabu, 25 Maret 2015 - 18:37 WIB
Menkeu Heran Mata Uang 3 Negara Ini Lebih Kuat dari Rupiah
Menkeu Heran Mata Uang 3 Negara Ini Lebih Kuat dari Rupiah
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengaku heran, lantaran mata uang Philipina, Thailand dan India lebih kuat dari rupiah ketika berhadapan dengan USD dibanding mata uang lainnya. Padahal, banyak negara lain yang mata uangnya melemah di bawah Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut disebabkan karena kondisinya current account defisit (CAD) di masing-masing negara tersebut.

"Ternyata, Philipina dan Thailand serta India berhasil menurunkan CAD dalam waktu satu tahun di atas 3,5% menjadi 2% terhadap GDP. Kesimpulan kami, kalau ingin rupiah menguat, kita harus perbaiki CAD kita," ujarnya di Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Menkeu mengaku pemerintah berusaha mendorong bersama Bank indonesia (BI) untuk memperkuat rupiah. Jika di flashback, sepanjang 2014 rupiah mengalami apresiasi terhadap banyak mata uang seperti Yen, Euro, mata uang Brazil, Meksiko, Afrika Selatan, Turki, Malaysia, Korsel, China, dan Rupee.

"Tetapi kok bisa rupiah terdepresiasi oleh Amerika Serikat, Philipina Peso dan Thailand Bath. Sampai Maret 2015, rupiah masih apresiasi terhadap mata uang Brazil, Euro, Turki, Meksiko, Yen, Afrika Selatan, dan ringgit Malaysia. Tetapi mulai terdepresiasi terhadap Won Korsel, Yuan China, Rupee, Philipina, dan Thailand," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3574 seconds (0.1#10.140)