Blok Cepu Siap Produksi Minyak 205 Ribu Barel Per Hari

Kamis, 26 Maret 2015 - 22:08 WIB
Blok Cepu Siap Produksi Minyak 205 Ribu Barel Per Hari
Blok Cepu Siap Produksi Minyak 205 Ribu Barel Per Hari
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kini bisa bernafas lega. Sebab, belum lama lagi Proyek Banyu Urip, Blok Cepu akan beroperasi secara penuh, pada Oktober 2015. Blok tersebut akan memproduksi minyak sekitar 205 ribu barel per hari (bph).

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, dengan beroperasinya Blok Cepu secara penuh, target lifting minyak dalam APBNP 2015 sebesar 825 bph optimistis dapat terpenuhi. Blok migas itu menyumbangkan 20% untuk target lifting nasional.

"Kita ingin meyakinkan waktu ke waktu target lifting bisa tercapai. Saya secara keseluruhan optimis Banyu Urip targetnya tidak akan terganggu, meskipun secara proyek agak sedikit delay," ujarnya di Gedung Wisma Mulia, Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Dia mengatakan, saat ini secara keseluruhan konstruksi EPC di blok yang dioperasikan Exxon Mobil Cepu Ltd (EMCL) tersebut sudah mencapai 96%. Direncanakan, pada April mendatang akan melakukan proses lifting pertama.

"Nanti bulan April akan lifting pertama pertanda itu satu hal penting dari operasi Blok Banyu Urip. Oktober ada peresmian operasi yang sudah direncanakan," ungkap Sudirman.

"Kita tidak ingin ada hambatan ke depan, semua sudah berikan komitmen untuk melihat hari ke hari. Tidak ada toleransi untuk keterlambatan. Kita optimis target untuk Cepu bisa dicapai dengan baik," tegasnya.

Sekadar informasi, sesuai rencana pengembangan lapangan (plan of development/PoD), investasi Proyek Banyu Urip, Blok Cepu mencapai lebih dari USD2,52 miliar, dengan rincian untuk pembangunan fasilitas produksi sebesar USD2,18 miliar dan pengeboran sumur USD337 juta.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5230 seconds (0.1#10.140)