Deretan Senapan Mesin Canggih Buatan Pindad, Nomor 2 Bisa Muntahkan 1.200 Peluru per Menit

Kamis, 29 Desember 2022 - 10:37 WIB
loading...
Deretan Senapan Mesin Canggih Buatan Pindad, Nomor 2 Bisa Muntahkan 1.200 Peluru per Menit
Uji coba senapa mesin SM2 V2 Kaliber 7,62 mm buatan PT Pindad. FOTO/DOK.PT PINDAD
A A A
JAKARTA - Senapan mesin adalah salah satu senjata canggih yang diproduksi PT Pindad . Salah satu varian dari senjata ini mampu menembakkan 1.200 peluru secara akurat dalam jarak hampir 2 kilometer.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang industri pertahanan, PT Pindad telah memproduksi beragam senjata. Selain senapan mesin, perusahaan negara yang didirikan pada 1983 ini juga membuat senapan, senapan sniper, peluncur granat, mortir, pistol, senjata laras pendek, dan senapan mesin ringan.

Dalam memproduksi senjata, Pindad tidak asal-asalan. Dari waktu ke waktu terus dilakukan peningkatkan kualitas produk berdasarkan penelitian serta pengembangan oleh para ahli dan penggunanya untuk mendapatkan spesifikasi yang dibutuhkan. Karena itu, tak mengherankan senjata yang dihasilkan Pindad memiliki akurasi dan ketahanan di medan perang yang sangat baik.

Baca juga: Senjata Assault Rifle Canggih Buatan Pindad yang Mendunia, Nomor 2 Menangkan 11 Kali Kompetisi Tembak

Berikut ini varian senapan mesin canggih buatan Pindad dan spesifikasinya yang dikutip dari situs resmi PT Pindad (Persero):

A. SM2
SM2 merupakan senapan mesin standar yang banyak terdapat di kendaraan tempur TNI maupun dibawa infanteri. Diproduksi PT Pindad sejak 2003, senjata mesin sedang ini terinspirasi dari senapan mesin FN MAG. Pembuatannya telah mengantongi lisensi perusahaan senjata Fabrique Nationale (FB), Belgia.

Ada dua varian SM2 yang dibuat oleh PT Pindad, yakni SM2 V1 Kaliber 7,62 mm dan SM2 V2 Kaliber 7,62 mm. Varian SM2 V1 memiliki bipod atau dua kaki terintegrasi yang dirancang untuk dibawa pasukan infanteri. Sementara SM2 V2 merupakan hasil pengembangan untuk kebutuhan khusus sebagai coaxial gun (senapan mesin yang dipasang di samping persenjataan utama pada kendaraan tempur).

1. SM2 V1 Kaliber 7,62 mm
Deretan Senapan Mesin Canggih Buatan Pindad, Nomor 2 Bisa Muntahkan 1.200 Peluru per Menit

FOTO/PT PINDAD


Mengutip keterangan di situs resmi Pindad, senapan mesin ini dioperasikan dengan mekanisme gas operated yang mampu memuntahkan peluru 650-1.000 butir per menit. Pengisian munisinya mengadopsi sistem link belt tanpa magasin.

SM2 V1 memiliki bipod di bagian depan senjata yang berfungsi untuk menstabilkan tembakan. Menariknya, penggantian laras senjata dapat dengan mudah dilakukan oleh satu personel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)