Perbaikan Ekonomi Dunia Berpotensi Goncang Pasar Modal

Senin, 30 Maret 2015 - 15:56 WIB
Perbaikan Ekonomi Dunia Berpotensi Goncang Pasar Modal
Perbaikan Ekonomi Dunia Berpotensi Goncang Pasar Modal
A A A
JAKARTA - Kepala Eksekutif Bidang Pengawasan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida menilai, perbaikan ekonomi di dunia berpotensi memicu goncangan di pasar modal domestik.

Itu karena nilai kapitalisasi asing di pasar modal Indonesia masih mayoritas atau mencapai lebih dari 60%.

"Kapitalisasi di pasar modal kita, investor asing sudah lebih dari 60%. Yang kita butuhkan saat ini adalah keseimbangan (balance) dengan investor domestik," ujarnya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (30/3/2015).

Nurhaida menjelaskan, ketangguhan pasar modal akan bergantung pada investor yang paling mendominasi nilai kapitalisasi. Menurutnya, jika perbaikan ekonomi di luar negeri tidak diiringi dengan perbaikan di dalam negeri maka akan menggoncang pasar modal domestik.

"Kalau di negara lain ada potensi investasi yang bagus, asing akan keluar maka pasar kita akan goncang," ujarnya.

Oleh karena itu, dia berharap, pasar modal domestik bisa menciptakan pertumbuhan investor domestik untuk mengimbangi investor asing. Saat ini, jumlah investor domestik sekitar 1% dari jumlah penduduk.

Menurut dia, ada tiga building block yang paling penting untuk diperhatikan dalam upaya membangun financial market deepening, yaitu peningkatan sisi supply, demand dan infrastruktur pasar modal.

"Selain berupaya menumbuhkan jumlah investor, pendalaman pasar keuangan domestik juga perlu dibarengi dari peningkatan keragaman produk investasi dan pengembangan infrastruktur pasar modal," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7967 seconds (0.1#10.140)