Pertamina Lapor Inisiatif Efisiensi ke ESDM

Selasa, 31 Maret 2015 - 12:05 WIB
Pertamina Lapor Inisiatif Efisiensi ke ESDM
Pertamina Lapor Inisiatif Efisiensi ke ESDM
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) hari ini menyambangi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan inisiatif efisiensi yang dilakukan perseroan kepada pemerintah. Efisiensi ini dilakukan dalam rangka menjaga ketahanan energi di Indonesia.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Wianda Pusponegoro menuturkan, setidaknya terdapat tiga inisiatif besar terkait efisiensi yang dilakukan perseroan. Pertama, mengubah mekanisme pengiriman minyak dari sebelumnya cost and freight (CFR) menjadi free on board (FOB).

"Untuk saat ini yang disampaikan ada tiga hasil besar. Pertama, mekanisme pengiriman cost and freight jadi free on board untuk Januari dan Februari USD22 juta," tuturnya di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Dia mengatakan, inisiatif kedua adalah sentralisasi pengadaan bukan hanya dipusatkan kepada bahan bakar minyak (BBM) dan minyak mentah saja, melainkan untuk barang dan jasa yang dimiliki perseroan.

"Sentralisasi pengadaan bukan hanya BBM atau minyak mentah, tapi juga barang dan jasa di Pertamina. Kami upayakan tersentralisasi di bawah korporat dan menghemat USD26 juta dari Januari hingga Maret 2015," imbuhnya.

Inisiatif ketiga, sambung Wianda, dari sisi inventori solar yang konsumsinya menurun jauh hingga 34 ribu kiloliter (kl) per hari. Dengan kondisi tersebut, ketahanan energi telah memadai di level 17 hari.

"Di level 17 hari sudah memadai inventorinya. Ketahanan energi enggak masalah. Stok ini untuk 17 hari pasok sesuai ketahanan," pungkas Wianda.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9248 seconds (0.1#10.140)