Pemerintah Kaji Ulang Mekanisme Penyesuaian Harga BBM

Rabu, 08 April 2015 - 16:05 WIB
Pemerintah Kaji Ulang Mekanisme Penyesuaian Harga BBM
Pemerintah Kaji Ulang Mekanisme Penyesuaian Harga BBM
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal mengkaji kembali kebijakan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan paling lambat tiap satu bulan sekali.

Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, hal ini lantaran harga minyak dunia yang saat ini masih berada di bawah USD60 per barel berpotensi mengalami kenaikan jelang musim panas di pertengahan tahun.‎ Meski puncak kenaikan pada Juni 2015 hanya berada di kisaran USD65-USD70 per barel.

"Harga minyak, kalau melihat tren harga dengan antisipasi musim panas di berbagai negara. Ini akan meningkatkan demand (permintaan) minyak. Karena pada musim panas biasanya orang-orang di negara barat banyak melakukan perjalanan (karena libur musim panas). Ke depan akan ada kenaikan harga," tuturnya di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Sudirman mengungkapkan, beberapa kalangan mengusulkan untuk memperpanjang durasi penyesuaian harga agar pelaku usaha lebih bisa mengantisipasi. Namun, menurutnya, usulan tersebut berisiko kenaikan harga akan lebih tajam dibanding yang terjadi saat ini.

"Ada pendapat, durasinya diperpanjang untuk mempermudah dunia usaha melakukan perencanaan. Tapi kalau durasi diperpanjang akan memberikan konsekuensi, kalau ada perubahan signifikan maka kenaikannya akan tajam sekali," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)