Inflasi China Maret Stabil 1,4%

Jum'at, 10 April 2015 - 10:50 WIB
Inflasi China Maret Stabil 1,4%
Inflasi China Maret Stabil 1,4%
A A A
SHANGHAI - Inflasi China pada Maret stabil atau sama dengan Februari sebesar 1,4%. Sementara harga produsen turun sedikit kurang ari yang diproyeksikan.

Seperti dikuti dari Reuters, Jumat (10/4/2015), angka tersebut lebih besar dari perkiraan analis yang disurvei Reuters berada dikisaran 1,3%, dibanding 1,4% pada Februari.

Sementara, Biro Statistik Nasional (NBS) menuturkan, bahwa indeks harga produsen (PPI) turun 4,6%, memperpanjang siklus deflasi perusahaan yang dimulai pada Maret 2012 hingga tiga tahun.

Jajak pendapat itu diharapkan harga produsen turun 4,8% dari tahun sebelumnya, identik dengan bulan sebelumnya. Data ini mengikuti pemulihan kejutan dalam aktivitas manufaktur pada Maret, dengan indeks manajer pembelian (PMI) yang dirilis NBS pada 1 April, naik tipis menjadi 50,1 dari Februari sebesar 49,9.

Para ekonom dan pembuat kebijakan khawatir bahwa risiko deflasi meningkat, seperti adanya hambatan dari penurunan pasar properti dan meluas kelebihan kapasitas pabrik diperparah pelemahan global yang tidak menentu dan harga komoditas.

Analis mengutip adanya permasalahan ekonomi yang serius, termasuk lemahnya permintaan dan penurunan harga minyak yang telah mengimbangi kenaikan utilitas dan harga pelayanan publik.

"Kebijakan China telah mereda pengaturan moneter dan pembatasan perumahan dalam beberapa bulan terakhir, meskipun lebih perlu dilakukan untuk mengangkat ekonomi domestik," kata Matthew Circosta di Moody Analytics.

"Perlambatan inflasi menambah tekanan ke atas pada suku bunga riil, yang berpengaruh pada konsumsi dan investasi," ujarnya.

Bank Rakyat China (PBOC) telah membuat beberapa pemotongan suku bunga kredit untuk memesan rasio persyaratan di bank. Hal ini juga meluncurkan program penjaminan simpanan lama yang ditunggu-tunggu pada April, namun ekonom mengatakan bahwa mereka sedikit terkena dampak pada biaya pinjaman.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6768 seconds (0.1#10.140)