Banjir Bandang Terjang Demak, Ratusan Warga Mengungsi dan Belasan Orang Pingsan

Sabtu, 07 Januari 2023 - 05:33 WIB
loading...
Banjir Bandang Terjang Demak, Ratusan Warga Mengungsi dan Belasan Orang Pingsan
Tim SAR gabungan mengevakuasi warga korban banjir bandang di wilayah Demak, Jawa Tengah. Ibu-ibu, anak dan warga sakit menjadi prioritas evakuasi.
A A A
DEMAK - Banjir bandang terjang pemukiman di Demak, Jawa Tengah. Banjir terjadi akibat Sungai Babon meluap, Jumat (6/1/2023) malam. Ratusan warga mengungsi dan belasan di antaranya pingsan. Proses evakuasi berlangsung dramatis.

Kepanikan warga terjadi di Perumahan Orion, Desa KebonBatur, Kecamatan Mranggen, Demak. Banjir dengan kedalaman satu meter menerjang rumah-rumah warga setempat. Sejumlah warga tak mampu untuk menyelamatkan diri dan terjebak di dalam rumah.

Tim SAR gabungan datang mengevakuasi warga yang terjebak. Di antaranya lansia, warga sakit dan bayi. "Umumnya warga mengalami kedinginan dan trauma. Bahkan ada yang pingsan," ujar seorang petugas setempat.

Baca juga: Hujan Deras di Pemalang Akibatkan Longsor dan Akses Jalan Warga Terputus

Kendati banjir bandang terjadi kurang dari satu jam, namun dampaknya cukup besar. Sejumlah rumah porak poranda. Para korban yang sakit segera dilarikan ke rumah sakit dan puskesmas terdekat.

"Sebagian warga mengungsi ke rumah saudara dan tetangga yang tidak terdampak," tambahnya.

Salah seorang warga, Yumiatun menyebut, Perumahan Orion berada di pinggiran Sungai Babon yang meluap dan mendapat limpahan banjir dari Semarang serta Ungaran. "Banjir ini merupakan yang kedua kalinya terjadi. Pada tahun 2020 kejadin serupa juga melanda wilayah ini," tuturnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)