PNM Genjot Kompetensi Pelaku Usaha Kecil

Sabtu, 18 April 2015 - 06:31 WIB
PNM Genjot Kompetensi Pelaku Usaha Kecil
PNM Genjot Kompetensi Pelaku Usaha Kecil
A A A
BANDA ACEH - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) terus meningkatkan kompetensi pelaku usaha mikro kecil (UMK), khususnya mengubah mindset agar senantiasa cerdik dan tangkas dalam mengembangkan usaha.

Hal ini diwujudkan dengan menggelar pelatihan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) regular kepada para nasabah mikro binaan perusahaan di Banda Aceh.

“Para wirausahawan kita sering kali jika sudah merasa cukup tidak mau mengembangkan usahanya lebih maju lagi. Pola pikir inilah yang coba kami ubah selain juga memberikan bantuan pembiayaan kepada mereka,” ujar Pemimpin PNM Cabang Aceh, Dharmadi dalam rilisnya, Jumat (17/4/2015).

Menurutnya, persaingan saat ini menuntut UMK untuk lebih berinovasi dalam melakukan terobosan baru agar semakin kompetitif di pasar.

Dia mengungkapkan, sebagai pengusaha harus cerdik dalam melihat peluang dan cepat dalam mengikuti perubahan dengan selalu berinovasi. Kondisi pasar saat ini sangat menuntut pelaku UMK untuk bisa cepat dan tepat menjalankan startegi bisnis usaha. Melalui pelatihan kali ini perseroan berusaha memberikan kiat-kiat mencapai target tersebut.

Dalam pelatihan ini para debitur akan diberikan pemahaman, motivasi, dan diskusi strategi untuk mengembangkan usaha mikronya agar lebih berkembang baik dari aspek produksi, distribusi, dan pemasaran.

UMK di Aceh mempunyai potensi untuk mengembangkan bisnisnya sesuai dengan potensi bisnis di daerah tersebut seperti makanan tradisional, kerajinan, dan pariwisata.

Dia menjelaskan, pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) saat ini semakin mengalami tantangan yang berat untuk tetap bertahan menjalankan bisnisnya. Keunikan produk atau jasa yang ditawarkan akan menjadi nilai unggul bagi mereka untuk tetap bertahan pada sektor bisnis yang ditekuni.

“Kami juga berharap melalui kegiatan semacam ini dapat menumbuhkan kecintaan masyarakat lokal kota terhadap produk unggulan lokal dengan cara memiliki dan menggunakan produk dalam negeri," tandas Dharmadi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5085 seconds (0.1#10.140)