Sepanjang 2022, Nyaris 20 Juta Orang Naik MRT Jakarta

Selasa, 10 Januari 2023 - 16:07 WIB
loading...
Sepanjang 2022, Nyaris 20 Juta Orang Naik MRT Jakarta
MRT Jakarta melaporkan lebih dari 19,7 juta orang menggunakan layanan sepanjang 2022. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatatkan lebih dari 19,7 juta orang menggunakan layanan MRT Jakarta sepanjang 2022. Jumlah tersebut menunjukkan rata-rata 50.000 orang per hari menggunakan MRT Jakarta dengan 87.072 jumlah perjalanan kereta.

"Angka ini menunjukan kenaikan dari tahun sebelumnya. Pada awal tahun 2022, MRT Jakarta menargetkan angka keterangkutan penumpang sepanjang tahun 2022 mencapai 14,6 juta orang atau setara dengan rata-rata harian sebanyak 40.000 orang per hari," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Ahmad Pratomo, dalam keterangan tertulis, Selasa (10/1/2023).



Ahmad mengatakan bahwa ktepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,94% Untuk menaikkan angka keterangkutan, MRT Jakarta bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan seperti PPD, Tebengan, gojek, grab, transjakarta dan yang terbaru, Swoop. Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing). "Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 13% angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta," katanya.



Selain itu, Ahmad mengatakan pengembangan kawasan berorientasi transit atau transit oriented development (TOD) di beberapa stasiun fase 1 koridor selatan – utara yang dirancang dengan memadukan fungsi transit dengan manusia, kegiatan, bangunan, dan ruang publik juga turut berkontribusi dalam mengoptimalkan akses terhadap transportasi publik sehingga dapat menunjang daya angkut penumpang.

Sebagai bagian dari inovasi dan mengikuti tren digital oleh masyarakat, pengguna jasa MRT Jakarta dapat menggunakan aplikasi MRT Jakarta di ponsel pintar untuk membeli tiket perjalanan.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)