Waskita Incar Empat Ruas Tol di Bali

Jum'at, 24 April 2015 - 15:19 WIB
Waskita Incar Empat Ruas Tol di Bali
Waskita Incar Empat Ruas Tol di Bali
A A A
JAKARTA - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mengincar pembangunan empat ruas tol yang menghubungkan antara Bali Selatan dengan Bali Utara.

Rencana tersebut telah diajukannya sekitar dua pekan lalu kepada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera).

Direktur Utama Waskita Karya M Choliq mengungkapkan, ruas tol tersebut sepanjang 125 kilometer (km) tersebut akan menghubungkan antara Kuta dan Gilimanuk. Empat ruas tol tersebut, meliputi Kuta-Canggu-Tanah Lot-Soka, Soka-Pekutatan, Pekutatan-Gilimanuk dan Pekutatan-Lovina.

"Kita usulkan bangun tol Bali Utara. Ruas Kuta-Gilimanuk 125 km. Kita kejar Seksi I, yakni Kuta-Canggu-Tanah Lot-Soka sepanjang 25 km," ucapnya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Dia mengungkapkan, proyek tersebut nantinya akan bekerja sama dengan tiga pemerintah daerah (pemda) dan satu pemerintah provinsi (pemprov). Proyek tersebut diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp35 triliun hingga Rp40 triliun.

Menurut dia, proyek tersebut rencananya akan ditenderkan pada tahun ini. Sementara tahun depan akan dilaksanakan pembangunan tahap satu.

"Proyek tol baru sudah pra-feasibility study (FS). Ini cukup menarik. Kalau pra FS tidak menarik, kita tidak melanjutkan," imbuh dia.

Choliq menambahkan, pertahanan budaya menjadi kendala pembangunan ruas tol tersebut. ‎"Di Bali kan perlu moderinisasi, kalau bertahan culture tapi macet, mending mengalah tapi lancar. Pembebasan lahan nanti ditangani Waskita," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)