Mentan Minta Bulog Segera Serap Gabah Petani

Sabtu, 25 April 2015 - 15:56 WIB
Mentan Minta Bulog Segera Serap Gabah Petani
Mentan Minta Bulog Segera Serap Gabah Petani
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta Perum Bulog segera menyerap gabah petani sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang telah ditetapkan, yakni Rp3.700 per kilogram (kg).

Dia menilai, dengan Bulog menyerap cepat gabah petani, maka petani dapat kembali melakukan penanaman dengan cepat. Karena telah memperoleh modal dari hasil penjualannya yang tinggi sesuai HPP.

“Jangan sampai malah tengkulak yang bergerak cepat, yakni dengan memberikan pinjaman modal, pupuk dan benih pada petani yang akhirnya nanti dapat merugikan petani. Karena, hasil panen petani dibeli dengan harga yang sangat rendah,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/4/2015).

Amran menuturkan, pengecekan ini merupakan bentuk kepedulian yang tinggi pada petani. Sebab, saat ini petani tengah mengeluhkan harga beli gabah yang rendah yakni di bawah HPP, baik itu oleh Bulog maupun para tengkulak.

Sebelumnya, dia juga telah melakukan pengecekan langsung harga gabah di berbagai daerah yakni di Kabupaten OKU Timur dan Banyuasin Sumatera Selatan tercatat Rp3.300-Rp3.400 per kg, di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung dan Kabupaten Batubara Sumatera Utara seharga Rp3.400 per kg.

Saat ini, harga gabah di daerah Berbah Yogyakarta dan Klaten masing-masing seharga Rp3.400 dan Rp3.300 per kg.

"Kami harapkan Bulog bergerak cepat menyerap gabah petani sesuai dengan HPP yang telah ditetapkan sampai pada tingkat petani dan penggilingan kecil. Hal ini agar Bulog dapat menyerap gabah petani sesuai dengan instruksi Presiden minimal 4,5 juta ton GKP 2015. Sehingga petani terus melakukan produksi dan tidak ada lagi impor beras," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5401 seconds (0.1#10.140)