Bank Siap Bantu Pembangkit Listrik Tenaga Limbah CPO

Minggu, 26 April 2015 - 18:20 WIB
Bank Siap Bantu Pembangkit Listrik Tenaga Limbah CPO
Bank Siap Bantu Pembangkit Listrik Tenaga Limbah CPO
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengemukakan pengusaha yang ingin membangun pembangkit listrik dengan limbah CPO (kelapa sawit) akan dibantu mendapatkan pembiayaan melalui bank. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan listrik di dalam negeri.

"Insya allah bank 70% menjamin, pasti dikasih pinjaman untuk (biaya produksi) limbah cair dari pabrik CPO dijadikan sumber listrik," ujar Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Rida Mulyana di Jakarta, Minggu (26/4/2015).

Dia menjelaskan, masyarakat juga dapat menjual limbah kelapa sawit kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN). Di mana pemerintah saat ini sedang mengkaji regulasi tersebut. Pasalnya, selama ini infrastruktur untuk energi minyak kelapa sawit sudah tersedia.

Menurut Rida, pemerintah akan terus mendorong energi baru dan terbarukan agar bisa segera dipakai. Salah satu caranya adalah dengan mengajak masyarakat dan swasta ikut berperan membangun infrastruktur.

"Agar kelihatan praktis, kita harus strategis dan sinergis, bagaimana menyatukan dua kekuatan anggaran sumber daya," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3852 seconds (0.1#10.140)