BPK Nilai Tukar Guling Saham Mitratel-TBIG Transparan

Senin, 04 Mei 2015 - 16:03 WIB
BPK Nilai Tukar Guling Saham Mitratel-TBIG Transparan
BPK Nilai Tukar Guling Saham Mitratel-TBIG Transparan
A A A
JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai proses transaksi tukar saham (share swap) antara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak usahanya Mitratel, dengan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) bersifat transparan.

"Kita melakukan audit untuk proses tender. Hasilnya sesuai, tidak ada hal aneh dan baik-baik saja. Yang aneh justru ada isu-isu yang berakibat saham Telkom justru turun bebas. Karena seolah-olah memang benar-benar ada kerugian. Itu merugikan negara," ujar Anggota BPK Achsanul Qosasi seperti dalam rilisnya di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Dia menilai proses tukar guling tersebut tidak bermasalah dan proses bisnis pun bisa tetap berjalan. Dia pun sepakat dengan Menteri BUMN Rini Soemarno yang menyatakan bahwa swap Mitratel adalah aksi korporasi yang tujuannya menguntungkan pihak terkait, dan menjadi kewenangan manajemen. "Ini menjadi urusan dari komisaris dan direksi saja. Bukan urusan yang lain," tukasnya.

Achsanul menambahkan, pihaknya hingga saat ini belum menghitung mengenai kerugian negara. Sebab, transaksi swap sendiri belum tuntas.

"BPK belum bisa mengatakan adanya kerugian negara. Karena transaksinya belum tuntas terjadi. Justru, negara dirugikan karena isu itu, saham Telkom terjun bebas dari 2,90 ke 2,15. Itu kerugian kan," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7786 seconds (0.1#10.140)