Melambatnya Ekonomi RI Terseret Ekonomi Global

Kamis, 07 Mei 2015 - 15:51 WIB
Melambatnya Ekonomi RI Terseret Ekonomi Global
Melambatnya Ekonomi RI Terseret Ekonomi Global
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menjelaskan bahwa situasi perekonomian global yang sedang melambat berdampak kepada Indonesia.

"Perlambatan ekonomi global seret pertumbuhan ekonomi kita. Kemarin kita lihat dari GDP, pertumbuhannya negatif sebab ekspor dan impor lebih rendah dari pertumbuhan yang diharapkan. Begitu juga dengan pertumbuhan konsumsi pemerintah," ujarnya di sela acara IIF Asia Summit di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

Selain itu, Bambang menambahkan, juga disebabkan rendahnya harga komoditas dari sumber daya alam (SDA) dan impor serta permintaan domestik.

Bambang menjelaskan, meski ekonomi dunia melambat, namun Amerika Serikat (AS) sebagai negara ekonomi nomor wahid dunia mengalami pertumbuhan baik karena pemulihan ekonominya berjalan baik. Sementara China sebagai negara dengan ekonomi kedua dunia mengalami pelambatan.

"China tidak hanya melambat tapi menurun dibandingkan tahun sebelumnya. China sebagai partner ekonomi terbesar memberi dampak ke Indonesia," pungkasnya.

(Baca: Mandiri: Target Pertumbuhan Ekonomi Jangan Ketinggian)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8062 seconds (0.1#10.140)