Kemenhub Kembangkan Infrastruktur Marina

Senin, 25 Mei 2015 - 08:58 WIB
Kemenhub Kembangkan Infrastruktur Marina
Kemenhub Kembangkan Infrastruktur Marina
A A A
BELITUNG - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkomitmen mengembangkan infrastruktur perhubungan di Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, dalam rangka mendukung pengembangan wisata bahari di daerah ini.

Dukungan yang dilakukan yakni mengembangkan Bandara Kelas 1 H AS Hananjoedin dan pelabuhan kapal pesiar (marina) di daerah berjuluk Negeri Laskar Pelangi ini. ”Perkembanganbandara inisemakin meningkat dari tahun ke tahun. Tapi, masih harus terus dikembangkan,” ujar Direktur Bandar Udara Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut, Kemenhub Agus Santoso, dalam Lokakarya Transportasi di Kabupaten Belitung, pekan lalu.

Secara fisik, kata Agus, kekerasan tanah di runway bandara rata-rata sudah sama dengan bandara lain. Sehingga, landasan di bandara ini bisa didarati pesawat jenis Airbus A-320. Namun, panjang runway harus ditambah dari 2.260 meter saat ini. ”Seharusnya 2.500 meter, sehingga pendaratan pesawat bisa sempurna,” kata dia. Agus menegaskan, Bandara H AS Hananjoedin butuh tambahan runway sepanjang 275 meter sehingga sesuai dengan standar bandara kelas 1.

”Tahun ini diusahakan perpanjangan runway dengan anggaran APBN senilai Rp18 miliar. Tapi, sepertinya baru bisa dilakukan perpanjangan 100 meter, sebab terkendala lahan,” ujar Agus. Di tempat yang sama Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, Belitung berpotensi sebagai destinasi wisata bahari. Karena itu, perlu adanya bandara dan dermaga yang representatif.

”Dengan anggaran yang ada, pemerintah kabupaten juga akan membangun dermaga khusus kapal pesiar atau marina. Jadi, marina itu rencananya akan dibangun di Tanjung Kelayang, dalam rangka mendongkrak potensi wisata Belitung,” kata Sahani. Sahani mengungkapkan, pembangunan marina akan dilakukan oleh Kementerian Koordinataor Bidang Kemaritiman.

Ichsan amin
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8422 seconds (0.1#10.140)