Tips Hemat Renovasi Rumah Bekas

Rabu, 03 Juni 2015 - 11:19 WIB
Tips Hemat Renovasi Rumah Bekas
Tips Hemat Renovasi Rumah Bekas
A A A
Tentukan konsep secara matang. Anda harus menentukan bagian rumah mana saja yang ingin diperbaiki, bagaimana desainnya, apakah Anda akan menggunakan kembali material lama atau tidak. Bila ingin menggunakan material lama, tentu harus dibongkar secara hati-hati agar tidak rusak. Adapun menentukan desain berguna agar hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena bila hasil tidak sesuai, Anda harus membongkarnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Dengan mengetahui konsep secara matang juga membantu tukang mengerjakan pembangunan lebih cepat.

Pastikan kualitas bahan bangunan dan material. Bila memang dana terbatas, tak ada salahnya Anda menggunakan barang-barang berkualitas sedang atau barang bekas. Bila memilih dengan cermat, Anda dapat menemukan barang bekas tapi berkualitas baik. Penggunaan barang-barang berkualitas sedang, misalnya untuk keramik lantai, kayu-kayu, kusen, atau cat interior.

Menghilangkan satu bagian pekerjaan renovasi. Maksudnya, Anda tidak melakukan satu bagian pekerjaan sehingga waktu yang digunakan lebih cepat dan dapat menghemat biaya. Misalnya, tembok tanpa diplester yang dapat membuat tembok tampak alami, atau mengecat tanpa diplamur.

Pemilihan cara pembayaran. Cara pembayaran umumnya terbagi dua, yaitu borongan dan harian. Bila memang Anda sudah pasti apa yang akan direnovasi dan sudah mengetahui konsep renovasi secara matang, lebih baik Anda menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, bila konsep renovasi belum jelas, Anda dapat membayar tukang secara harian.

Pilih waktu tepat untuk renovasi. Renovasi sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan. Itu karena pada musim ini tukang yang mengerjakan dapat menemui kesulitan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan bahkan bisa menjadi rusak.

Rendra hanggara
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3167 seconds (0.1#10.140)