Semen Indonesia Optimistis Tetap Pimpin Pasar

Senin, 20 Juli 2015 - 23:37 WIB
Semen Indonesia Optimistis Tetap Pimpin Pasar
Semen Indonesia Optimistis Tetap Pimpin Pasar
A A A
SEMARANG - PT Semen Indonesia Tbk optimistis tetap menjadi pemimpin pasar di tengah semakin banyak pemain asing yang menanamkan modal dalam bisnis bahan bangunan di Tanah Air.

“Paling tidak pangsa pasar PT Semen Indonesia beserta produk perusahaan afiliasinya sekitar 43%, serta akan mampu bertahan pada masa mendatang,” ujar Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia, Agung Wiharto di Semarang, Jawa Tengah, Senin (6/7/2015).

Kapasitas produksi semen nasional pada 2015, kata Agung, tercatat sekitar 70 juta ton. Dari jumlah itu, 30 juta ton di antaranya dihasilkan oleh PT Semen Indonesia.

Agung menjelaskan posisi kuat pasar Semen Indonesia terutama di Jawa dengan merek andalan Semen Gresik. “Dominasi Semen Indonesia akan semakin kokoh bersamaan dengan beroperasinya pabrik baru di Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah pada tahun depan,” paparnya.

Akhir tahun ini, lanjut dia, diperkirakan pabrik semen di Rembang masuk tahap commission (pemeriksaan), dan pada pertengahan 2016 sudah mulai bisa beroperasi. “Saat ini pembangunannya mencapai 47 %. Kapasitas pabrik baru semen di Rembang diproyeksikan mencapai 3 juta ton/tahun,” terangnya.

Dia mengakui periode Januari-Mei 2015 omzet penjualan Semen Indonesia mengalami penurunan, sekitar 3,8 %, akibat situasi kurang kondusif ekonomi domestik dan global.

Pada Januari-Mei 2014, penjualan PT Semen Indonesia mencapai 23,78 juta ton, sedangkan pada periode sama 2015 turun menjadi 22,8 juta ton.

“Namun untuk Jawa Tengah, penjualan kami tetap positif, naik sekitar 1 %. Banten dan beberapa wilayah di luar Jawa juga masih mengalami sedikit kenaikan," katanya.

Agung optimistis pada semester II 2015 pasar semen akan kembali bergeliat bersamaan dengan mulai gencarnya pembangunan infrastruktur. “Kira-kira akan tumbuh 6-8 %,” tandasnya.

Baca juga:

Semen Indonesia Revisi Target Pertumbuhan Konsumsi

Semen Indonesia Akan Bangun Pabrik di Papua Rp1,95 T
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4701 seconds (0.1#10.140)