Reksa Dana Saham Bukukan Kinerja Terparah

Rabu, 08 Juli 2015 - 17:08 WIB
Reksa Dana Saham Bukukan...
Reksa Dana Saham Bukukan Kinerja Terparah
A A A
JAKARTA - Reksa dana saham berdasarkan imbal hasil (return) rata-rata yang diberikan sepanjang semester I tahun ini mencatat kinerja terparah dibanding reksa dana lainnya.

Berdasarkan data PT Infovesta Utama, dengan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat minus 6,05%, kinerja reksa dana saham membukukan minus 9,55%. Adapun reksa dana campuran negatif 4,40%, sedangkan reksa dana pendapatan tetap mencatat kinerja positif, dengan memberikan return rata-rata 1,86%.

Analis Riset PT Infovesta Utama Yoanita Rianti mengatakan, negatifnya kinerja reksa dana saham terimbas IHSG yang tidak memuaskan karena tertekan sejumlah sentimen dari dalam maupun luar negeri.

Sentimen dari dalam negeri, seperti hasil laporan keuangan emiten pada kuartal I yang di bawah ekspektasi, revisi target pertumbuhan ekonomi oleh pemerintah Indonesia, melemahnya kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) dan inflasi yang meningkat jelang Lebaran.

Sementara sentimen dari luar, yakni revisi pertumbuhan ekonomi global oleh Bank Dunia, krisis utang Yunani dan kebijakan moneter Federal Reserve (The Fed) yang belum final.

"Pada dasarnya, kinerja reksa dana memburuk disebabkan kinerja underlying asset dari masing-masing reksa dana saham dan campuran berbasis saham yang kini tengah terkoreksi," kata dia kepada Sindonews, belum lama ini.

Sementara jika dibanding periode yang sama tahun lalu, kinerja reksa dana selama enam bulan pertama tahun ini jauh tertinggal. Pada semester I/2014, kinerja rata-rata IHSG tercatat sebesar 14,14%, dengan reksa dana memberi return rata-rata 16,80%, reksa dana campuran 9,90% dan pendapatan tetap 3,71%.

Kendati memburuk dibanding periode yang sama tahun lalu, kinerja reksa dana kemungkinan bisa sedikit membaik pada bulan ini, terutama untuk reksa dana pendapatan tetap yang diperkirakan dapat melanjutkan kinerja positifnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0657 seconds (0.1#10.140)