Susi Pede Pembebasan Bea Masuk ke AS Pancing Investor

Jum'at, 31 Juli 2015 - 12:51 WIB
Susi Pede Pembebasan Bea Masuk ke AS Pancing Investor
Susi Pede Pembebasan Bea Masuk ke AS Pancing Investor
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti percaya diri (pede) pembebasan bea masuk yang diberikan Amerika Serikat (AS) kepada eksportir perikanan Indonesia, akan memancing investor untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

Dia mengatakan, pembebasan bea masuk yang diberikan negara tersebut didapatkan lantaran Indonesia berkomitmen untuk memerangi penangkapan ikan ilegal (illegal fishing). Pasalnya, tren makanan laut di luar negeri sudah menerapkan prinsip keterlacakan (traceability) yang ketat.

"Jadi, dengan kita tracking down illegal fishing, ya produk nanti yang legal hanya dari Indonesia. Saya berharap akan memancing investor dari luar untuk investasi di bidang pengolahan," katanya di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat (31/7/2015).

Kendati demikian, sambung Susi, Indonesia sedianya harus mengubah aturan mengenai bisnis pengolahan ikan demi menarik minat investor. "Karena kalau tidak, orang tidak mau investasi di Indonesia," imbuh dia.

Mantan Bos Susi Air ini menambahkan, dengan adanya pembebasan bea masuk bagi eksportir perikanan Indonesia, maka harga ikan ke nelayan akan lebih baik.

(Baca: AS Bebaskan Bea Impor Produk Perikanan RI)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5356 seconds (0.1#10.140)