Truk India Rasa Eropa

Kamis, 27 Agustus 2015 - 07:56 WIB
Truk India Rasa Eropa
Truk India Rasa Eropa
A A A
Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 tak hanya menjadi ajang pamer produk pabrikan Amerika Serikat (AS), Eropa, dan Jepang. Pabrikan India, Tata, melalui Tata Motors Indonesia (TMI) ”menantang” dominasi pabrikan-pabrikan itu.

Di ajang GIIAS 2015, TMI secara resmi meluncurkan Tata Prima 4928 Tractor Head 6x4 melalui anak usahanya Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI). Tata Prima 4928 ini memiliki kapasitas mesin 6.700 cc, dengan mengedepankan standar keamanan tinggi. Kendaraan yang masuk kelas World Smart Truck ini juga diklaim sebagai truk ‘pintar’ dengan teknologi tinggi.

”Tata Prima 4928 adalah World Smart Truck berteknologi tinggi. Tidak hanya modern, tapi juga dilengkapi dengan standar keamanan yang tinggi dan menjamin peningkatan keuntungan sebuah bisnis. Sebagai Truk pintar, Tata Prima terbukti memiliki total biaya operasional yang paling efisien di kelasnya. Tata Prima adalah bukti komitmen Tata Motors dalam menghadirkan strong and smart mobility solutions for commercial needs,” ujar Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta.

Truk ini dibekali teknologi mesin diesel commonrail berdurabilitas tinggi. Dengan mesin Cummins 6ISBe 270 yang dilengkapi pendingin udara dan turbocharged direct injection, Tata Prima 4928 mampu menghasilkan tenaga sebesar 267 hp dan torsi 970 nm. Truk ini menggunakan sistem transmisi Tata G1150D dengan 8 kecepatan maju dan 1 kecepatan mundur. Tata Prima 4928 didesain untuk memberikan kenyamanan ekstra untuk pengemudinya.

Para ahli desain interior di Italia telah membuat area interior Tata Prima sangat fungsional sekaligus eksotis layaknya desain Eropa. Kualitas ruang untuk mengemudi dan kabin belakang untuk beristirahat pengemudi yang terpisah dibuat dengan detil yang menghasilkan kenyamanan serta estetika tinggi. Desain dasbor Tata Prima dibuat menarik dan futuristik. Panel pengoperasian fungsi mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengemudi. Kabin yang luas memiliki kursi dan lingkar kemudi yang dapat diatur posisinya, arm rest, dan banyak fitur lainnya termasuk fitur keselamatan aktif anti-lock braking system (ABS).

”Tata Prima 4928 merupakan world smart truck yang penuh dengan kualitas berstandar tinggi. Siap bersaing di pasar kendaraan komersial Indonesia karena Tata Motors telah memiliki pengalaman 61 tahun di pasar kendaraan niaga dunia. Hingga saat ini Tata Motors adalah produsen truk dan bus terbesar kelima di dunia,” terang Biswadev. Tata Motors pertama kali memperkenalkan world smart truck Tata Prima pada tahun 2009 secara global di India.

Dirancang oleh insinyur terkemuka dari seluruh dunia, Tata Prima tersedia dalam beragam pilihan tipe dan jenis untuk pasar internasional. Tata Prima dirancang oleh mekanik dari berbagai negara berbeda.

Seperti, desain interior dari Italia, teknologi mesin dari Amerika Serikat dan Eropa, transmisi yang didesain langsung oleh Tata Motors, struktur rangka dari Meksiko, lapisan bodi metal dari Korea dan Jepang, juga proses pengelasan dengan bantuan robot yang sangat presisi dari Swedia. Ini menjadikan Tata Prima sebagai produk global.

Anton c
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)