Porsi Investasi Reksa Dana RI Ketinggalan dari Malaysia

Kamis, 17 September 2015 - 14:47 WIB
Porsi Investasi Reksa Dana RI Ketinggalan dari Malaysia
Porsi Investasi Reksa Dana RI Ketinggalan dari Malaysia
A A A
JAKARTA - Pendiri dan CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra menyampaikan, porsi investasi reksa dana di Tanah Air masih minim, termasuk dana kelolaannya.

Dia memaparkan, jumlah dana kelolaan reksa dana di Indonesia hanya 0,1% dari total investasi. Angka ini tertinggal jauh dari Malaysia, yang sudah mencapai 51% dan Thailand sebanyak 20%. Sementara di Amerika Serikat sekitar 8%.

"Minimnya tingkat pemahaman dan ketertarikan masyarakat soal investasi terlihat dari jumlah persentasenya," ujarnya di Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Tingkat pemahaman masyarakat Indonesia soal investasi, dia menjelaskan, masih minim saat ini. Menurut dia, mereka lebih suka menabung daripada investasi.

"Tingkat inflasi terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut diikuti dengan semakin melambungnya biaya hidup, seperti dana pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Sementara menyimpan uang di bank, bunga yang didapat sangat rendah," jelasnya.

Dia menambahkan, menabung di bank dalam bentuk deposito hanya mendapatkan bunga senilai 6,3%, sedangkan inflasi berada di angka 6,8%.

"Jadi, bunga deposito yang diberikan ke kita tidak bisa mengalahkan inflasi. Artinya, kekayaan kita semakin berkurang," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8494 seconds (0.1#10.140)