Jokowi Pede Bulog Bisa Bangun Cold Storage Sekelas Dubai

Senin, 28 September 2015 - 14:49 WIB
Jokowi Pede Bulog Bisa Bangun Cold Storage Sekelas Dubai
Jokowi Pede Bulog Bisa Bangun Cold Storage Sekelas Dubai
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) percaya diri (pede) bahwa Perusahaan Umum (Perum) Bulog mampu membangun 'kulkas' penyimpan hasil pertanian (cold storage) raksasa seperti di Dubai, Uni Emirat Arab (UAE).

Hal ini dikatakannya saat menjamu makan siang para pemilik penggilingan padi dan pedagang beras di Istana Negara, Jakarta.

Dia mengatakan, Bulog ke depannya memiliki tugas untuk membeli seluruh produksi petani yang tak mampu diserap pedagang. Bulog juga diminta memiliki perkiraan berapa gudang yang harus disiapkan untuk menampung seluruh produksi petani.

"Tidak ada kata bahwa Bulog sudah penuh gudangnya. Oleh sebab itu, waktu saya ajak ke Dubai, saya tunjukan gudang yang sangat besar sekali. Masuk kalau tidak pakai jaket tebal, langsung menggigil," katanya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, 'kulkas' raksasa milik Dubai mampu menyimpan daging sapi, daging ayam, beras, sayur hingga buah di tempatnya masing-masing. Jokowi pun ingin dalam beberapa tahun mendatang, Bulog dapat memiliki kemampuan menyerap produk petani seperti Dubai.

Hal ini agar ke depannya Bulog memiliki stok bahan pokok yang lebih besar. Terlebih, stok bahan pokok yang dimiliki Indonesia saat ini masih terlalu kecil. Bahkan, cadangan beras di Tanah Air jauh lebih kecil dibanding negara lain, seperti China yang memiliki stok beras sekitar 40 juta ton.

"Kalau yang dekat lagi, Filipina 2,5 juta ton padahal penduduknya Filipina berapa? 90-an juta. Artinya, Bulog paling tidak stoknya harusnya di atas 10 juta ton. Memang ke depan seperti itu, tapi masih jauh. Saya yakin nanti Bulog akan mampu kalau punya gudang seperti yang saya katakan tadi," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong berencana membangun fasilitas cold storage raksasa seperti di Dubai, Uni Emirat Arab. (Baca: Tom Lembong Butuh Rp3 T Bangun Cold Storage Raksasa)

Keinginannya ini muncul setelah melihat cold storage raksasa milik Dubai saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di beberapa negara Timur Tengah bersama Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Dia menceritakan, berdasarkan hasil pantauannya di Dubai, cold storage Dubai memiliki luas sekitar tiga kali luas lapangan sepak bola. Gudang penyimpanan tersebut, kata dia, menjadi yang terbesar di Timur Tengah.

"‎Presiden kan memerintahkan saya dan Bulog untuk mengunjungi cold storage tersebut dan memang sangat impresif sekali. Cold storage-nya tinggi sekali," katanya belum lama ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5075 seconds (0.1#10.140)