APP Datangkan Dua Pesawat Pemadam Kebakaran Hutan

Senin, 26 Oktober 2015 - 16:28 WIB
APP Datangkan Dua Pesawat Pemadam Kebakaran Hutan
APP Datangkan Dua Pesawat Pemadam Kebakaran Hutan
A A A
JAKARTA - Asia Pulp And Paper (APP) mendatangkan dua pesawat Beriev Be-200 Altair untuk memadamkan kebakaran hutan di Sumatera Selatan (Sumsel).

APP bersinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mendatangkan dua unit pesawat tersebut. Pesawat Be-200 adalah pesawat amfibi multifungsi yang mampu melakukan pemadaman kebakaran dari udara.

Masing-masing pesawat berkapasitas penggangkutan air hingga 12.000 liter dalam satu kali jalan dan telah mendarat di Sumsel awal pekan ini untuk mendukung usaha pemerintah melakukan pemadaman kebakaran hutan di lansekap Sumatera Selatan dan sekitarnya.

"Kami akan terus mendukung pemerintah menangani bencana kebakaran hutan ini semaksimal mungkin. Dalam hal sinergi penguatan pemadaman api dari udara ini, kami berterima kasih telah diberi kesempatan pemerintah untuk mendukung negara kita di tengah masa sulit ini. Kami siap melakukan hal yang lebih lagi apabila diperlukan," ujar Direktur APP Suhendra Wiriadinata dalam rilisnya, Senin (26/10/2015).

Menurutnya, fenomena El Nino saat ini melanda banyak negara di seluruh dunia. Sebagai salah satu perusahaan yang sedang berjuang memerangi kebakaran di lahan pemasok kayu, perseroan akan terus membantu usaha pemerintah di lansekap ini secara keseluruhan.

"Penanganan kebakaran memerlukan peranan banyak pihak. Karena itu koordinasi dan gotong-royong dalam penanganan sangat penting," katanya.

APP telah menetapkan tiga bidang utama untuk penanganan kebakaran di Sumsel. Pertama, perseroan menetapkan kebijakan persiapan lahan tanpa bakar sesuai PP No 206/KPTS-II/95 yang diluncurkan pada April 1995.

Kedua, APP dan pemasok kayunya telah bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan pusat, serta TNI untuk memerangi kebakaran di lansekap yang lebih luas.

Ketiga, pengelolaan hidrologi dengan pemblokiran kanal dan pengembalian HTI menjadi hutan alam. Pemasok kayu APP telah mempersiapkan rencana pencegahan kebakaran dengan memblokir kanal untuk meningkatkan ketinggian permukaan air di area-area prioritas di mana mereka beroperasi dan sekitarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8033 seconds (0.1#10.140)