Minyak AS Dekati Posisi Terendah Lebih dari Dua Bulan

Kamis, 12 November 2015 - 09:45 WIB
Minyak AS Dekati Posisi Terendah Lebih dari Dua Bulan
Minyak AS Dekati Posisi Terendah Lebih dari Dua Bulan
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah Amerika Serikat (AS) berada di dekat posisi terendah lebih dari dua bulan pada awal perdagangan Kamis.

Itu terjadi setelah penurunan tajam di tengah kekhawatiran pasar yang mebutuhkan waktu lebih lama daripada perkiraan untuk menyeimbangkan pasokan terhadap permintaan.

Minyak mentah berjangka AS berada di USD43,15/barel pukul 08.33 WIB, naik 22 sen pada Rabu ketika harga anjlok 3% akibat tingginya produksi, kenaikan saham AS dan perlambatan ekonomi di Asia.

"Berlanjutnya keniakan stok minyak tetap menjadi tema utama yang mendorong harga minyak mentah. Irak juga meningkatkan tekanan kepada produsen minyak AS. Irak telah memuat sekitar 10 kapal tanker dalam beberapa pekan terakhir untuk mengirim minyak mentah ke pelabuhan AS di November," kata ANZ Bank, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (12/11/2015).

Di Asia, sentimen yang memicunya adalah pertumbuhan dua ekonomi terbesar di kawasan ini yang melambat tajam setelah produksi pabrik China dilaporkan melambat lebih lanjut dan kekhawatiran muncul bahwa ekonomi Jepang mungkin telah jatuh ke dalam resesi.

Pada saat yang sama, pasar negara berkembang di seluruh dunia berjuang dengan melonjaknya utang, yang mengancam pertumbuhan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5699 seconds (0.1#10.140)