Hasil KTT G20, Data Perbankan Terbuka Mulai 2017

Selasa, 17 November 2015 - 18:17 WIB
Hasil KTT G20, Data Perbankan Terbuka Mulai 2017
Hasil KTT G20, Data Perbankan Terbuka Mulai 2017
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, dalam KTT G20 yang diadakan di Antalya, Turki, para pemimpin negara G20 sepakat membuka informasi dan data perbankan termasuk pajak dan transaksi keuangan kepada negara-negara G20.

Kesepakatan tersebut akan direalisasikan melalui program Automatic Exchange of Information (AEoI) yang akan dilakukan mulai 2017.

Dia menuturkan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi global dan melanjutkan reformasi keuangan global, terutama menghadapi praktik ilegal dalam perpajakan internasional.

"Hal ini dilakukan melalui implementasi based eriotion profit shifting, dan pertukaran data secara otomatis mulai 2017 dikenal dengan AEoI," katanya dalam teleconference di Antalya, Turki kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Selain itu, KTT G20 juga menyepakati implementasi rencana aksi anti korupsi sesuai prinsip integritas dan transparansi. Serta mendukung pencapaian pembangunan berkelanjutan (sustainable development) pada 2030 guna mendukung pertumbuhan ekonomi global jangka panjang.

"‎Salah satunya dengan mengadopsi instrumen perubahan iklim dalam CORPS 21 akhir bulan ini di Paris. Ini aksi untuk memperkuat pemulihan pertumbuhan ekonomi global dan meraih pertumbuhan ekonomi yang kuat berkesinambungan dan seimbang," imbuh Menkeu.

Menurutnya, rencana aksi tersebut akan dilakukan termasuk dengan reformasi struktural melalui paket kebijakan ekonomi, peningkatan investasi untuk pertumbuhan ekonomi jangka menengah, mendorong pertumbuhan ekonomi lebih inklusif melalui budget dan penguatan jaring keuangan global.

Untuk mendukung hasil KTT G20, sambung Bambang, Indonesia sudah menyatakan keseriusan melalui peluncuran paket kebijakan ekonomi, konsolidasi fiskal, kebijakan dana langsung ke dana desa untuk pertumbuhan ekonomi inklusif dan national single window.

"Selain itu percepat proses izin usaha, perluasan KUR dan peningkatan PTKP. Itu kesimpulan umum dari dokumen G20 yang dihasilkan dalam KTT kemarin‎," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5836 seconds (0.1#10.140)