KKP Siapkan Rp5 Miliar Bangun Techno Park

Selasa, 29 Desember 2015 - 19:29 WIB
KKP Siapkan Rp5 Miliar Bangun Techno Park
KKP Siapkan Rp5 Miliar Bangun Techno Park
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) siap menggelontorkan dana Rp5 miliar tahun depan guna pembangunan taman teknologi (techno park) kelautan dan perikanan.

Kepala Pusat Pelatihan Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Kelautan dan Perikanan KKP Mulyoto mengatakan, hal tersebut untuk membangun taman teknologi agar meningkatkan kesejahteraan masyarakat tertinggal. Saat ini, KKP telah menyelesaikan empat taman teknologi yang tersebar di Tegal, Banyuwangi, Bitung, dan Ambon.

"2016 kami akan tambah empat taman teknologi kelautan di Simelu, Brebes, Subang dan Pasuruan. Sehingga di 2019 ada 24 taman teknologi, satu taman teknologi dananya sekitar Rp4 miliar sampai Rp5 miliar," ujarnya di Jakarta, Selasa (29/12/2015).

Taman teknologi ini sebagai tempat berpusatnya kegiatan pendidikan dan pelatihan berbasis kelautan dan perikanan.

"Taman ini kita harapkan bisa mendapatkan tenaga kompeten, adaptasi dan alih teknologi untuk menghasilkan produk inovatif, dan inkubator bisnis untuk menghasilkan usaha baru," jelas dia.

Lebih lanjut, Mulyoto menerangkan, pembangunan taman teknologi menjadi program lanjutan dari Program Nasional Pengembangan 100 Taman Sains dan Teknologi Nasional yang merupakan quick win oleh Menko bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan serta Menteri Riset dan Teknologi.

"Itu sebagai salah satu quick win oleh Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan serta Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada 7 Mei lalu," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)