Saran HT agar Penerimaan Pajak Meningkat

Selasa, 12 Januari 2016 - 15:18 WIB
Saran HT agar Penerimaan...
Saran HT agar Penerimaan Pajak Meningkat
A A A
JAKARTA - CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) mendukung langkah pemerintah dalam rangka menggenjot Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) untuk tahun ini. Namun, pemerintah disarankan tidak lupa untuk memperluas basis wajib pajak di Indonesia.

Perluasan ini bisa melalui dunia usaha dan orang perorangan. Langkah tersebut memang baik untuk menggenjot penerimaan pajak tahun ini.

"Ini langka yang baik. Namun pemerintah harus memperluas wajib pajaknya terlebi dahulu. Perluasan ini cakupannya bisa memperluas dari WP pribadi dan ‎dunia usaha," kata HT dalam acara Group & Economy Update di Gedung Global Media, Kebon Jeruk, Jakarta, Selasa (12/1/2015).

Meski demikian, pemerintah hendaknya jangan mencari-cari yang harus bayar pajak atau membayar pajak lebih. Lantaran jika itu terjadi, dunia usaha menjadi tidak kondusif dan merasa terancam.

"Jangan dicari-cari, karena itu akan membuat dunia usaha tidak kondusif. Pemerintah itu wajib ciptakan iklim usaha konsudif, sehingga masyarakat dan dunia usaha dapat bekerja nyaman dan maksimal, sehingga mereka bayar pajaknya maksimal," tutur dia.

Jika itu bisa dilakukan, lanjut HT, maka peningkatan jumlah WP pasti bisa ditingkatkan setiap periodenya tanpa harus dicari-cari pemerintah.

"Kan sekarang yang bayar pajak baru satu juta WP, bagaiamana ke depannya bisa 1,5 juta, 2 juta, bahkan lebih banyak dari itu, tanpa dicari-cari. Karena tanpa mereka dicari pun, jika suasana investasi kondusif, mereka akan datang sendiri untuk bayar pajak," tandasnya.

Baca Juga:

Genjot Penerimaan Pajak, HT Sebut Pemerintah Pakai Cara Berisiko

Ini Cara Kemenkeu Kejar Wajib Pajak Pribadi

HT Bicara Economy Update di Depan Ribuan Karyawan MNC
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0632 seconds (0.1#10.140)