Outlook Agung Podomoro Turun Jadi Negatif Akibat Reklamasi

Selasa, 19 April 2016 - 12:57 WIB
Outlook Agung Podomoro Turun Jadi Negatif Akibat Reklamasi
Outlook Agung Podomoro Turun Jadi Negatif Akibat Reklamasi
A A A
JAKARTA - PT Pefindo merevisi outlook PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menjadi negatif dari sebelumnya stabil. Hal ini untuk mengantisipasi sentimen yang menyeret Direktur Utama APLN Ariesman Widjaja dalam kasus reklamasi yang berujung penangkapan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Analis Pefindo Yogie Perdana mengungkapkan, dalam kasus tersebut bisa muncul dampak material yang dapat memengaruhi kinerja bisnis dan keuangan perusahaan

"Sementara, peringkat perusahaan tetap berada di posisi idA- untuk perusahaan dan obligasi I/2011, obligasi II/2012 dan PUB I/2013. Periode peringkat berlaku sejak 11 April 2016 hingga 1 April 2017," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Yogie menjelaskan, peringkat perusahaan dapat diturunkan jika kekhawatiran terkait proyek reklamasi jadi nyata dan berdampak negatif terhadap reputasi Agung Podomoro.

"Peringkat juga dapat berada di bawah tekanan mengalami kinerja penjualan marketing yang lemah di seluruh proyek perusahaan. Peringkat juga dapat turun jika terdapat tambahan utang melebihi proyeksi tanpa dikompensasi pendapatan dan EBITDA yang lebih tinggi," kata dia.

Namun, outlook ini dapat menjadi stabil jika risiko proyek reklamasi perusahaan tidak menjadi kenyataan dan didukung penjualan sesuai proyeksi. "Kami akan memantau perkembangan lebih lanjut atas penyelidikan kasus tersebut dan menilai dampak yang mungkin dapat memengaruhi peringkat," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4001 seconds (0.1#10.140)