Jelang Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp29,5 Triliun

Kamis, 30 Juni 2016 - 19:09 WIB
Jelang Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp29,5 Triliun
Jelang Lebaran, BTN Siapkan Uang Tunai Rp29,5 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyiapkan uang tunai sebesar Rp.29,5 triliun untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan menjelang Idul Fitri 1437 H. Langkah ini dilakukan Perseroan untuk menjamin kebutuhan uang tunai khususnya bagi nasabah BTN dan masyarakat pada umumnya yang melakukan transaksi melalui outlet BTN.

"Kami ingin bagaimana nasabah terlayani dengan baik kebutuhannya akan ketersediaan uang tunai selama libur Lebaran," ujar Direktur Utama Bank BTN Maryono di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Dia menjelaskan, dalam jumlah uang tunai yang disiapkan Bank BTN tersebut mengalami kenaikan dibanding persediaan bulan-bulan biasa. Kenaikannya mencapai sekitar 33 %. Jumlah uang tunai yang disiapkan tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan nasabah selama kurang lebih sebulan.

"Kami siapkan kebutuhan uang tunai itu dari 3 minggu sebelum dan 1 minggu setelah lebaran," jelasnya.

Bank BTN memasok persediaan uang ke 1.830 unit ATM dan 860 outlet di kantor cabang Bank BTN seluruh Indonesia. Jumlah tersebut dialokasikan sekitar Rp8,85 triliun untuk dipasok ke ATM dan selebihnya sebesar Rp. 20,65 Triliun dialokasikan ke outlet kantor cabang di seluruh Bank BTN.

Menurut Maryono peningkatan kebutuhan uang tunai diperkirakan terjadi pada pekan kedua hingga keempat Ramadhan. Dia menerangkan pada waktu tersebut mulai banyak dicairkan dana untuk pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) serta persiapan mudik dan lebaran.

Di sisi lain, perseroan juga menggelar Mudik Bersama Pekerja Bangunan Seperti halnya pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, menyambut libur lebaran BTN juga memberangkatkan para pekerja bangunan ke kampung halamannya secara gratis.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)