Pemerintah Diminta Tegas Soal Zonanisasi Nelayan

Minggu, 16 Oktober 2016 - 14:44 WIB
Pemerintah Diminta Tegas Soal Zonanisasi Nelayan
Pemerintah Diminta Tegas Soal Zonanisasi Nelayan
A A A
DELI SERDANG - Problematika nelayan seakan menjadi satu permasalahan yang kerap tidak ada ujung pangkalnya. Keberadaannya selalu selalu terkesan diabaikan dan diremehkan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh tokoh muda nasional asal Sumatera Utara Effendi Syahputra di sela-sela pertemuannya dengan beberapa kelompok nelayan di Desa Bagan Percut, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

"Saya lihat pemerintah terkesan abai kepada nelayan, kita lebih prihatin lagi melihat nasib buruh atau pekerja nelayan maupun nelayan kecil. Bayangkan mereka bekerja bertaruh nyawa namun kesejahteraan masih jauh dari apa yang mereka lakukan," katanya di deli Serdang, Minggu (16/10/2016).

Dia melihat begitu banyak pengabai-an yang di lakukan pemerintah terhadap nelayan, di antaranya bantuan pemerintah yang masih banyak dirasa tidak adil dan manipulatif.

Hal lain yang dirasa juga tidak ada keberpihakan kepada nelayan adalah soal zonanisasi operasi kapal besar, yang seringkali tidak perduli untuk masuk di perairan dangkal dan melakukan penangkapan dengan pukat yang besar.

"Mereka masuk ke perairan yang harusnya menjadi lahan buat nelayan kecil dengan perahu kecil, akibatnya semua ikan, udang kepiting disapu. Akhirnya nelayan kecil habis mata tangkapannya, yang memaksa nelayan-nelayan kecil ini berlayar lebih jauh ke laut dalam, yang sangat berbahaya bagi keselamatan jiwanya, banyak yang akhirnya yang korban nyawa," tuturnya.

Sementara terkait hal itu, Effendi yang juga merupakan Ketua Pemuda Perindo meminta pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten khusus Kabupaten Deli Serdang agar lebih tegas dalam menegakkan aturan soal zonanisasi kepada nelayan-nelayan besar.

Sehingga, lanjut dia, nelayan-nelayan kecil tidak menjadi korban dan dapat menangkap sesuai zonanya serta kelangsungan biota laut di wilayah tersebut tidak menjadi rusak dengan praktik-praktik operasi kapal dan pukat besar di zona dangkal.

"Pemerintah harus serius atur masalah ini, jangan nelayan terus yang menjadi korban, pemerintah harus berpihak dan melindungi nelayan-nelayan kecil," tandas Effendi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3037 seconds (0.1#10.140)