Jokowi Ingin Buah Lokal Rambah Pasar Internasional

Kamis, 17 November 2016 - 12:18 WIB
Jokowi Ingin Buah Lokal Rambah Pasar Internasional
Jokowi Ingin Buah Lokal Rambah Pasar Internasional
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar dunia pendidikan seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) ikut mengembangkan ‎potensi produksi buah dalam negeri. Hal ini sesuai ketersediaan lahan yang mencapai 5-50 hektare (ha) untuk tanaman buah.

‎"Buah ini memang tumbuhnya memerlukan waktu. Tapi kita ingin agar buah lokal kita yang macamnya banyak sekali itu bisa merambah ke pasar-pasar ekspor pasar-pasar internasional‎," kata Jokowi usai menghadiri Fruit Indonesia 2016 di Senayan, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan, buah seperti nanas, manggis dan alpukat yang disebut tingkat produksinya tinggi, namun masih minim dari segi 'suplai' ke luar negeri. Padahal, buah tipe tersebut banyak diminati pasar internasional.

"Kalau pisang itu kita masih kalah dengan negara lain, tapi barang ini kita punya kekuatan," ujar dia.

Jokowi berharap kapasitas produksi buah dalam negeri terus ditingkatkan dan diekspor ke luar negeri. Hal ini berpotensi untuk dikembangkan agar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tak melulu terfokus pada produksi tanam sawit dan karet.

"Kita mempunyai kekuatan besar tapi belum dikelola, belum di manage, belum dipersiapkan dengan baik, pascapanen yang misalnya dilakukan dengan dipotong, digunting dengan baik kemudian diseleksi mana yang kualitas A, kualitas B, kualitas C, packaging-nya, ini yang belum," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6906 seconds (0.1#10.140)