Menteri Keuangan Zona Euro Akan Membuka Blokir Utang Yunani

Minggu, 25 Desember 2016 - 11:30 WIB
Menteri Keuangan Zona...
Menteri Keuangan Zona Euro Akan Membuka Blokir Utang Yunani
A A A
ATHENA - Sejumlah menteri keuangan zona euro akan membuka blokir sebagai langkah-langkah penghapusan utang jangka pendek yang sekarang ditangguhkan untuk Yunani pada Januari setelah Athena meyakinkan euro pemberi pinjaman zona itu akan menghormati komitmen bailout, sumber Eurogroup mengatakan kemarin.

"Kami telah menerima surat oleh otoritas Yunani dalam menanggapi keprihatinan yang diangkat oleh lembaga serta Kelompok Kerja Euro pada kebijakan fiskal baru-baru yang disahkan," kata seorang pejabat seperti dikutip dari Reuters, Minggu (25/12/2016).

Pekan lalu Yunani telah menimbulkan kekhawatiran signifikan mengenai komitmen bailout negara antara pemberi pinjaman zona euro dengan rencana untuk membayar bonus Natal untuk pensiunan dan menjaga pajak pertambahan nilai yang lebih rendah di beberapa pulau.

Para kreditur memutuskan untuk menangguhkan jangka pendek atas kesepakatan utang Athena, yang akan mengurangi utang publik sebesar 20% dari PDB pada 2060, sampai efek dari langkah-langkah Yunani pada bailout (MoU) target sepenuhnya.

"Kami telah diyakinkan oleh penilaian yang menyertainya lembaga menunjukkan bahwa kekhawatiran yang signifikan pada awal, baik pada proses dan substansi, yang diatasi dengan surat ini dalam hal komitmen MoU, terutama mengenai pensiun," kata pejabat itu.

"Terhadap latar belakang ini, ESM dan EFSF pengambilan keputusan prosedur formal sehubungan dengan tindakan utang jangka pendek akan dilakukan pada Januari," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0445 seconds (0.1#10.140)