Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal Didorong Sektor Komoditas

Senin, 23 Januari 2017 - 18:03 WIB
Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal Didorong Sektor Komoditas
Pertumbuhan Ekonomi RI Bakal Didorong Sektor Komoditas
A A A
JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi nasional diprediksi akan meningkat sebesar 5,3% pada tahun ini. Hal tersebut ditopang oleh sektor komoditas yang terus mengalami peningkatan dalam penjualan.

Senior Economist Bank Standard Chartered Indonesia, Aldian Taloputra mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan akan naik tipis di tahun 2017 menjadi 5,3% dari 2016 yang hanya sebesar 5,1%.

"Pertumbuhan ekonomi diprediksi naik 5,3%, katalisnya diperkirakan domestik demand, terutama pada harga komoditi," kata Aldian dalam media briefing Standard Bank Global Research 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Menurutnya, harga komoditas diproyeksikan akan terus meningkat sepanjang tahun ini. Kenaikan harga tersebut, tidak hanya menolong sektor ekspor atau berhubungan komoditas, tapi juga akan mendorong daya beli masyarakat dan pemerintah. Hal ini terutama di daerah atau provinsi yang menghasilkan komoditas itu sendiri.

Sedangkan untuk belanja pemerintah, kata Aldian, akan tetap stabil dan berada di zona positif. Belanja infrastruktur pada tahun ini juga akan menjadi prioritas pemerintah. Menurut dia, permintaan komoditas yang meningkat juga diperkirakan akan tumbuh 22% dibandingkan tahun 2016 lalu.

"Tahun ini budget relatif lebih aman dibanding tahun sebelumnya melihat dari sisi penerimaan perpajak, memang masih cukup tinggi tapi masih lebih bisa dicapai," imbuhnya.

Untuk investasi swasta, diperkirakan masih relatif terbatas. Hal tersebut akan dilihat dari sisi permintaan eksternal yang relatif tidak berubah. Investasi ini akan meningkat pada sektor yang melayani barang domestik.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6891 seconds (0.1#10.140)