Industri Aviasi Akan Kedatangan Pesawat Nasional N219

Kamis, 09 Maret 2017 - 14:20 WIB
Industri Aviasi Akan Kedatangan Pesawat Nasional N219
Industri Aviasi Akan Kedatangan Pesawat Nasional N219
A A A
JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menyampaikan, industri aviasi akan kedatangan pesawat nasional buatan anak negeri. Pesawat tersebut memiliki seri N219.

Pesawat terbang hasil riset orang Indonesia ini segera mengudara pada akhir April 2017. Paling lambat dilakukan pada awal Mei 2017.

"Hasil karya anak Indonesia 100%. Insya Allah akhir April penerbangan pertama. Uji coba akhir April atau awal Mei bisa terbang," ujarnya dalam acara The 2nd WOW Brand Festive Day di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Selain sukses dibuat anak bangsa, pesawat itu juga sedang masuk ke tahap sertifikasi. Prosesnya memakan waktu selama tiga sampai empat bulan.

Pesawat jenis ATR ini memiliki kapasitas sebanyak 19 orang. Dengan jumlah tersebut, N219 bisa menjelajahi wilayah perintis. "N219 penumpang 19 orang untuk wilayah terpencil," kata dia.

Nasir menambahkan, penetrasi teknologi nasional juga akan menyasar lautan dengan meluncurkan kapal pelat datar hasil riset dari Indonesia. Kapal ini akan memakai bahan baku dari baja.

"Mungkin dalam minggu ini, saya akan meluncurkan kapal pelat datar, di mana inovasi Indonesia. Kapal pelat datar yang berbahan baku baja," tuturnya.

Dia membantah bahwa kapal berbahan baku baja itu mahal. Menurutnya, malah justru lebih murah dan bagus daripada bahan fiber ataupun kayu.

Kapal ini menggunakan baja dari PT Garuda Steel. Kemudian dirakit oleh PT Juragan Kapal. "Bahkan angkatan laut tertarik kapal patroli," ujar Nasir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8957 seconds (0.1#10.140)