Wilmar Tanam Ribuan Pohon di Perkebunan Sawit Agam untuk Jaga Ekosistem

Jum'at, 19 Mei 2017 - 04:17 WIB
Wilmar Tanam Ribuan Pohon di Perkebunan Sawit Agam untuk Jaga Ekosistem
Wilmar Tanam Ribuan Pohon di Perkebunan Sawit Agam untuk Jaga Ekosistem
A A A
AGAM - Wilmar Plantation International tidak hanya memikirkan bisnis semata, juga terus melakukan upaya penanaman hingga ribuan pohon di sekitar wilayah kebun sawit milik perseroan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Hal ini untuk menjaga keseimbangan ekosistem flora dan fauna agar tetap terjaga dengan baik.

Pihaknya memang sengaja melakukan hal tersebut dengan berbagai jenis pohon. "Kami sengaja menanam beragam jenis pohon di sepanjang Sungai Batang Masang. Banyak jenisnya," kata Head Plantations Indonesia Wilmar Group Gurcharan Singh di sela peninjauan lahan sawit Wilmar di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya, hingga saat ini Wilmar melalui anak usahanya, PT AMP Plantation telah menanam sebanyak 18 ribu beragam jenis pohon sejak 2013. Antara lain, mahoni, sengon, trembesi, mangga, gaharu, pinus, nangka, alpukat, petai, suku, kemiri, durian, jabon, dan lainnya.

Dia mengatakan, pohon tersebut ditanam di lahan seluas 45 hektare (ha) di sisi sungai Batang Masang. Dimana sebanyak 12.231 ada di sebelah kiri. "Dan sisi kanan sebanyak 6.258 pohon," imbuhnya.

Upaya tersebut wujud komitmen perusahaan dalam rangka menjaga ekosistem tumbuhan dan hewan di area sawit milik Wilmar. Bahkan, hal itu juga untuk mencegah abrasi di sepanjang aliran sungai yang berbatasan dengan kebun perseroan. "Jadi sungai ini tetap terpelihara dengan baik dan utuh," ujar Gurcharan.

Selain itu, pihaknya juga memelihara dan menjaga sejumlah satwa liar yang masih hidul di wilayah perkebunan. Antara lain, owa ungko, kukang, buaya, elang gunung, kijang, trenggiling hingga tapir.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5167 seconds (0.1#10.140)