Cegah Penyimpangan, Pertamina Pakai Teknologi Canggih di Terminal BBM

Jum'at, 16 Juni 2017 - 14:29 WIB
Cegah Penyimpangan, Pertamina Pakai Teknologi Canggih di Terminal BBM
Cegah Penyimpangan, Pertamina Pakai Teknologi Canggih di Terminal BBM
A A A
YOGYAKARTA - PT Pertamina (Persero) meresmikan pengoperasian teknologi modern pengisian mobil tanki BBM. Penerapan New Gentry System (NGS) ditempatkan pada Terminal BBM Rewulu yang berlokasi di Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.

Direktur Pemasaran Pertamina Muhammad Iskandar mengatakan, saat ini Terminal BBM Rewulu telah dimodernisasi dengan sistem kontrol otomatis terpadu dari mulai kegiatan penerimaan, penimbunan sampai ke penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM). Terminal BBM Rewulu telah menggunakan alat New Gentry System (NGS), yang dibangun sejak tahun 2014.

"Keungulan yang diberikan dengan Winn sistem otomatis yang terpadu di Terminal BBM Rewulu, yaitu mengunakan teknologi modern pengisian mobil tanki secara multi-simultan," tuturnya.

Dengan alat ini, diterangkan maka pelayanan menjadi lebih cepat, namun tetap mengedepankan aspek ketepatan kualitas dan kuantitas BBM. Semua ini dirancang guna memberikan layanan distribusi BBM yang jauh lebih baik. Dengan Gentry System yang baru, 4 filling bays yang digunakan saat ini berhasil menggantikan 12 filling bays yang sebelumnya digunakan dalam sistem lama.

Dengan alat yang baru ini proses blending Bio Solar, Pertalite, Dexlite terang dia dilakukan dengan in-line blending dan lebih cepat. Di mana sistem yang sebelumnya dilakukan secara konvensional atau manual dan memerlukan waIau yang lebih lama.

Efisensi waktu juga disumbangkan dari kecepatan pengisian olie mobil tanki yang meningkat pesat. "Sebelumnya dari 750 lpm (Liter/menit) menjadi 2300 lpm," terangnya.

Tujuan pembangunan NGS di TBBM Rewulu ini adalah untuk kepuasan pelanggan, mulai dari segi kecepatan layanan, fleksibilitas waktu operasional dan blending produk. Selain meniadi salah satu bentuk efisiensi perusahaan, TBBM Rewulu kini telah memenuhi standard grand terminal dengan fasilitas blending bio solar, pertalite dan dexlite. dan telah meningkatkan standard health safety security and environment (HSSE).

"Dengan berdirinya sistem ini, semakin meningkatkan kehandalan Terminal BBM Rewulu menjadi wordclass terminal," ungkapnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3558 seconds (0.1#10.140)