Wanita Lebih Baik Menjadi Investor Dibanding Pria

Selasa, 27 Juni 2017 - 16:11 WIB
Wanita Lebih Baik Menjadi...
Wanita Lebih Baik Menjadi Investor Dibanding Pria
A A A
NEW YORK - Ketika datang ke industri, Wall Street didominasi oleh kaum pria. Begitu banyak orang yang beranggapan dan menganggap bahwa pria adalah investor yang lebih baik. Namun sepertinya mereka salah selama ini.

Seperti dilansir Reuters, menurut data terbaru perusahaan raksasa jasa keuangan Fidelity Investments, wanita jauh lebih unggul sebagai investor. Dalam menyaring lebih dari 8 juta akun investasi, Fidelity menemukan bahwa wanita tidak hanya menghemat lebih dari 0,4% dibandingkan pria.

Bahkan mereka mendapatkan investasi lebih besar per tahun dari pria yakni juga mencapai 0,4%. "Ini adalah whammy ganda. Mitos bahwa pria adalah investor yang lebih baik, itu hanyalah sebuah mitos," ujar Wakil Presiden Senior Fidelity AlexandraTaussig.

Perbedaan itu mungkin terlihat sedikit pada awalnya. Tapi diekstrapolasi selama selama tabungan dan investasi seumur hidup, perbedaan usia pensiun tidak lain hanyalah minor. Untuk usia 22 tahun yang memulai dengan gaji USD50.000 per tahun, seorang wanita investor akan melebihi mitranya laki-laki dengan lebih dari USD250.000.

Hal yang lebih mengungkapkan tentang sikap masyarakat umum adalah survei pendamping "Uang dan Wanita" yang mempertanyakan kepada koresponden gender apa yang lebih baik dalam berinvestasi. Hasilnya hampir 9% kebanyakan orang mengatakan wanita.

Apa sebenarnya yang membuat wanita lebih baik sebagai investor? Salah satu faktornya menurut Fidelity adalah karena pria 35% cenderung melakukan perdagangan, yang biaya trading menggerogoti portofolio mereka lebih daripada perempuan.

Selain itu wanita juga menyimpan lebih banyak hampir 1% penuh setiap tahun, di tempat kerja 401 (k) dan kendaraan individu serta rekening pialang seperti disampaikan Fidelity. Keuntungan lainnya, perempuan menanggung lebih sedikit risiko tidak pemenuhan pada ekuitas.

Mereka juga berinvestasi lebih banyak dalam kendaraan seperti dana target-date, yang alokasi otomatisnya membuat diversifikasi lebih cerdas menurut Fidelity.

Hasil studi Outperformance gender yang dilakukan oleh akademisi Terrance Odean (University of California, Berkeley) dan Brad Barber (University of California,Davis) yang juga menemukan bahwa perempuan mengungguli pria, kira-kira 1% per tahun.

Jika Anda ingin berinvestasi seperti layaknya wanita, maka itu berarti harus ada pergeseran fokus jangka panjang, menghemat lebih banyak uang dan berhenti mencoba pasar dengan brilian perdagangan.

"Kebanyakan pria menganggap stock picks sebagai olahraga yang disertai dengan kesombongan. Karena itulah apa yang membuat mereka ke dalam kesulitan," kata Perencana Keuangan George Gagliardi di Lexington, Massachusetts.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9469 seconds (0.1#10.140)