Pertamina MOR IV Terapkan Jalur Khusus Non Tunai

Kamis, 24 Agustus 2017 - 21:34 WIB
Pertamina MOR IV Terapkan Jalur Khusus Non Tunai
Pertamina MOR IV Terapkan Jalur Khusus Non Tunai
A A A
SEMARANG - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menerapkan penggunaan transaksi non tunai dengan jalur khusus di SPBU 44.501.41, Jalan Pemuda, Semarang, Kamis (24/8/2017).

Penerapan jalur khusus di SPBU 44.501.41, Jalan Pemuda sebagai pilot project awal, dan selanjutnya Pertamina MOR IV menargetkan ada 20 SPBU di sejumlah kota besar di Jawa Tengah yang akan menerapkan jalur khusus non tunai.

General Manager PT Pertamina MOR IV, Ibnu Chouldum mengatakan, penerapan transaksi non tunai di SPBU ini sebagai bagian dari upaya peningkatan layanan terhadap pelanggan seiring era digital.

Ibnu menyatakan, sebenarnya transaksi non tunai sudah disediakan sejak lama. Hanya saja untuk transaksinya masih bisa dilakukan dengan tunai. Namun kali ini, berbeda karena jalur khusus ini hanya untuk non tunai.

"Melalui program ini, Pertamina sekaligus mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh pemerintah," katanya. Ia menambahkan, untuk melaksanakan program tersebut pihaknya menggandeng empat perbankan yakni BRI, Mandiri, BNI dan BCA.

Diharapkan, adanya jalur khusus non tunai tersebut, 20% dari transaksi SPBU berasal dari non tunai. "Selain memudahkan konsumen, transaksi non tunai juga memberikan kemudahan bagi pengelola SPBU dalam pengelolaan keuangan, menekan peredaran uang palsu dan lebih aman," katanya.

Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kota Semarang menyambut baik keberadaan 'Cashless Red Carpet' di Kota Semarang. Ketua D‎PC Hiswana Migas Kota Semarang, Yanuar Rahman mengaku, hampir semua SPBU sudah menyediakan fasilitas untuk konsumen yang ingin melakukan pembayaran non ‎tunai.

"Kami berharap, program gerakan non tunai tersebut akan mendorong peningkatan transaksi non tunai oleh masyarakat," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4365 seconds (0.1#10.140)