Awas Lelang Palsu Mengatasnamakan Pegadaian

Selasa, 09 Januari 2018 - 20:02 WIB
Awas Lelang Palsu Mengatasnamakan Pegadaian
Awas Lelang Palsu Mengatasnamakan Pegadaian
A A A
JAKARTA - PT Pegadaian (Persero) meminta masyarakat berhati-hati dan waspada terhadap penjualan lelang secara online melalui media sosial yang mengatasnamakan Pegadaian atau karyawan Pegadaian. Modus yang dilakukan dengan membuat akun media sosial palsu dengan nama Pegadaian atau karyawan Pegadaian yang mengumumkan lelang barang jaminan berupa barang elektronik atau emas.

Akun media sosial yang digunakan berupa facebook, twitter, instagram, path, line dan sejenisnya. Bahkan, agar lebih meyakinkan calon korban, pelaku juga memalsukan ID card karyawan, KTP, dan NPWP dengan menggunakan foto karyawan yang diperoleh dari media sosial.

Selanjutnya, pelaku meminta masyarakat menghubungi nomor handphone tertentu dan mentransfer sejumlah dana sebagai uang muka atau pembayaran atas pembelian barang tersebut. Setelah uang ditransfer, ternyata barang yang dibeli tidak dikirim.

Humas PT Pegadaian (Persero), Basuki Tri Andayani menyampaikan bahwa Pegadaian tidak melakukan penjualan lelang barang jaminan melalui media sosial. Pelelangan barang jaminan hanya dilakukan secara langsung di outlet-outlet Pegadaian, Pegadaian Syariah atau Bazar Emas Pegadaian. "Selain itu juga di pameran-pameran yang dilakukan oleh Pegadaian atau Pegadaian Syariah," ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (9/1/2018).

Lebih lanjut Basuki menegaskan bahwa PT Pegadaian (Persero) akan melakukan tindakan hukum yang dianggap perlu terhadap pihak-pihak yang melakukan tindak kejahatan dengan mengatasnamakan Pegadaian atau karyawan Pegadaian.

Kepada masyarakat, Basuki meminta untuk waspada dan diimbau agar tidak melakukan pembelian lelang melalui media sosial yang mengatasnamakan Pegadaian atau karyawan Pegadaian.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6502 seconds (0.1#10.140)