HUT 471 Kota Semarang, SNC 2018 Ingin Tingkatkan Wisatawan

Sabtu, 10 Maret 2018 - 14:24 WIB
HUT 471 Kota Semarang, SNC 2018 Ingin Tingkatkan Wisatawan
HUT 471 Kota Semarang, SNC 2018 Ingin Tingkatkan Wisatawan
A A A
JAKARTA - Buat Anda yang belum menentukan agenda liburan di bulan Mei nanti, Kota Semarang, bisa menjadi salah satu pilihan. Pasalnya ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini akan merayakan hari jadi ke 471. Tentu saja, ulang tahun ini akan dirayakan dengan beragam atraksi yang bertujuan meningkatkan wisatawan yang hadir.

Salah satunya adalah Semarang Night Carnival (SNC) 2018, yaitu sebuah karnaval seni dan budaya yang menempuh rute sejauh 2 kilometer. Glamournya kostum tradisional, tata rias, ekspresi, dan koreografi tersaji lengkap di SNC 2018. Membuat liburan Anda makin berwarna.

"SNC 2018 merupakan acara untuk memperingati hari ulang tahun ke-471 Kota Semarang. Yang pasti acaranya bakal spektakuler," kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Semarang, Masdiana Safitri dalam keterangan resmi, Sabtu (10/3/2018).

Tahun ini, SNC mengangkat tema Kemilau Semarang 2018. Tema tersebut bertujuan untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa banyak hal yang menarik di Kota Semarang. Tema ini juga mengingatkan warga Semarang untuk mencintai dan merawat kekayaan alam dan budaya yang dimiliki.

SNC tahun ini akan diikuti lebih dari 200 peserta dari tingkat SMP, SMA, SMK dan perguruan tinggi. Untuk menyempurnakan pagelaran, para peserta dibekali dengan berbagai ilmu seni pertunjukan. Pembekalan dilakukan selama hampir dua bulan.

Karena bertujuan menarik wisatawan, SNC juga menghadirkan peserta dari lima negara yang tergabung dalam Semarang International Folk Art Festival (SIFAF). "Kami ingin SNC tahun ini berstandar internasional. Untuk itu kami menggelar workshop sejak 24 Februari-28 April 2018. Dan kami mengundang lima negara lain yang tergabung dalam SIFAF," tutur Masdiana.

Deputi Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana dan Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata 1 (Jawa), Wawan Gunawan, mengatakan, SNC 2018 merupakan penguatan unsur atraksi dalam pengembangan pariwisata Kota Semarang.

Pariwisata Semarang memang sangat potensial untuk dikembangkan. Mereka memiliki pesona alam, budaya, wisata sejarah, hingga wisata buatan. Sebut saja Kota Tua, Lawang Sewu, Pagoda Buddhagaya Watugong, Masjid Agung Semarang, Simpang Lima. Belum lagi Pantai Maron, Pantai Marina, atau Pantai Tirang. Apalagi aksesnya sangat strategis karena gerbang utama di Jawa Tengah dan memiliki bandara internasional Ahmad Yani.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan penilaian khusus terkait SNC 2018, yaitu sebagai salah satu kekayaan parade karnaval di Indonesia. Kesuksesan SNC 2018 memberi efek domino yang panjang. Selain mengangkat pariwisata juga membangu mengembangkan potensi kreativitas anak muda dalam membangun daerah.
(ven)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1317 seconds (10.177#12.26)