Tidak Ada Maskapai yang Membeli Tunai Pesawat

Senin, 09 April 2018 - 08:00 WIB
Tidak Ada Maskapai yang Membeli Tunai Pesawat
Tidak Ada Maskapai yang Membeli Tunai Pesawat
A A A
KENDATI bukan perusahaan terbuka, Presiden Direktur Lion Air Edward Sirait terbilang blak-blakan menjawab pertanyaan yang diajukan SINDO Weekly, Kamis (5/4/2018) pekan lalu. Edward bicara panjang lebar mengenai potensi bisnis penerbangan, kendala, serta tentu saja soal gebrakan dan ekspansi yang dilakukan Lion tahun ini. Salah satu di antaranya melakukan pengadaan 380 mesin pesawat LEAP-1A senilai Rp75,35 triliun. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana ekspansi bisnis Lion Air Group tahun ini?
Untuk maskapai, kami akan menambah delapan pesawat Airbus 320 untuk Batik Air. Jenis ATR kami kurang lebih menambah 16 pesawat untuk Wings Air. Sementara, untuk Lion Air kalau tidak salah kami akan tambah dua pesawat jenis Boeing 737 Max 8.

Berapa total dana yang dikeluarkan?
Bahasanya: pengadaan. Sebab, pengadaan belum tentu membeli. Bisa sewa atau cicil. Total nilai ekspansi pengadaan pesawat sekitar US$1 miliar. Namun, apakah kami keluar uang sebanyak itu? Belum tentu. Tidak ada maskapai yang membeli tunai.

Lalu, berapa anggaran untuk meningkatkan kapabilitas?
Kami mau menambah dua simulator. Harga satu unitnya US$11 juta. Pembangunan hanggar beserta isinya di Batam akan memakai dana sendiri, kurang lebih sudah mencapai Rp1,5 triliun. Kami meminta lahannya jadi 50 tahun. Nah, sekarang lagi proses. Tujuannya supaya investasi kami bisa kembali.

Anda mengatakan tahun lalu Lion Air Group mengalami kerugian. Apa penyebabnya?
Salah satunya karena nilai tukar rupiah terhadap dolar agak mengganggu industri ini. Dengan itu, biaya operasional kami naik. Sebab, sebanyak 85% dari seluruh biaya operasional kami berhubungan dengan dolar. Kalau soal penumpang, penumpang nasional bertumbuh. Kami dari 2016 ke 2017 penumpang naik 8%. Sekarang, kalau tidak salah market share kami 53%.

Lalu apa yang dilakukan Lion Group agar tak mengalami kerugian pada tahun ini? Simak wawancara selengkapnya di Majalah SINDO Weekly Edisi 06/VII/2018 yang terbit Senin (9/4/2018) hari ini.

Tidak Ada Maskapai yang Membeli Tunai Pesawat
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8545 seconds (0.1#10.140)