Tiket Mudik Kapal Pelni Tujuan Pulau Jawa Tersisa 5.480 Tiket

Kamis, 31 Mei 2018 - 13:17 WIB
Tiket Mudik Kapal Pelni Tujuan Pulau Jawa Tersisa 5.480 Tiket
Tiket Mudik Kapal Pelni Tujuan Pulau Jawa Tersisa 5.480 Tiket
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Menjelang Lebaran yang masih dua pekan lagi, tiket tujuan Jawa dari Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai diburu para pemudik. Tercatat tiket kapal Pelni tujuan Semarang Jawa Tengah dan Surabaya Jawa Timur hanya tersisa sekira 5.480 tiket saja.

“Saat arus mudik H-15 sampai hari H, Pelni menyiapkan 6 Kapal Tujuan Semarang dan Surabaya. Kapasitas 16.481 penumpang, baru terserap 11.001 tiket, sisanya masih 5.480 tiket,” ujar Manager Operasional Kantor Cabang Pelni Pangkalan Bun, Tri Wijanarko mewakili Kepala Kantor Cabang Pelni, Isdwisanto di ruang kerjanya, Kamis (31/5/2018).

Ia menjelaskan, mudik Lebaran tahun ini, Pelni menyiapkan 6 kapal, yakni Kapal Awu, Kelimutu, Egon, Binaiya, Lawit dan Leuser tujuan Semarang dan Surabaya dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Kemudian keberangkatan kapal ada 13 kali saat mudik Lebaran.

"Untuk arus balik ada 9 kali keberangkatan. Harga tiket kita buat flat yakni Rp183 ribu tujuan Semarang dan Rp194 ribu untuk tujuan Surabaya. Kalau tiket rata rata untuk keberangkatan H-7 sampai H-3 tiket tersisa sedikit saja, yang paling banyak nanti H-4 Kapal Binaiya ke Surabaya sekitar 1.500 pemudik,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang Pelni Pangkalan Bun, Isdwisanto mengimbau bagi para calon pemudik untuk tidak membeli tiket lewat perantara atau calo. "Karena biasanya yang jadi mahal itu ongkos mobil travelnya. Misal 2 penumpang dari Kabupaten Sukamara. Mereka kan ke pelabuhan naik travel dulu, dan kena biaya juga. Biasanya supir travel langsung dihitung paket dengan tiket kapal. Jadi total semua bisa kena Rp700 ribu," terang dia.

Ia berharap calon pemudik bisa membeli tiket kapal Pelni dengan sistem online secara mandiri. "Sekarang serba praktis bisa beli tiket via mesin ATM BRI, website Pelni, dan call center Pelni. Jika sudah membayar dan dapat kode booking tinggal mencetak tiketnya di kantor Pelni atau di pelabuhan dengan membawa KTP," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)