Lindungi Kepentingan Nasional, Trump Perketat Investasi Asing

Rabu, 27 Juni 2018 - 21:02 WIB
Lindungi Kepentingan Nasional, Trump Perketat Investasi Asing
Lindungi Kepentingan Nasional, Trump Perketat Investasi Asing
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih akan membuat undang-undang baru yang memperketat investasi asing di Amerika Serikat. Melansir CNBC, Rabu (27/6/2018), seorang pejabat senior mengatakan pemerintah akan memperkuat Komite Investasi Asing demi melindungi kepentingan nasional, terutama pembelian asing terhadap teknologi Amerika.

Kebijakan ini merupakan perpanjangan dari pernyataan Presiden AS Donald Trump yang ingin meningkatkan perlindungan terhadap teknologi domestik. Trump menyatakan pihaknya berusaha menghentikan agresi perusahaan China yang ingin membeli sejumlah perusahaan teknologi tertentu di AS.

Meski kebijakan ini masih menunggu persetujuan Senat, Trump optimis bahwa undang-undang Komite Investasi Asing (Committee on Foreign Investment in the United States/CFIUS) yang baru akan memberikan Amerika mengenai apa yang dibutuhkan untuk melindungi kepentingannya.

"Saya optimis bahwa undang-undang ini akan memberi alat tambahan untuk memerangi praktik investasi dari predator yang mengancam keamanan nasional dan kemakmuran ekonomi di masa depan," tandas Trump.

Langkah ini dinilai sebagai bagian dari perang dagang dengan China, dimana AS akan menerapkan tarif tambahan terhadap impor barang-barang China pada 6 Juli mendatang. Sebagai pengawas dan ketua CFIUS, Trump menugaskan Menteri Keuangan Steven Mnuchin.

Mnuchin mengatakan Komite ini merupakan alat yang diperlukan untuk melindungi kepentingan AS dari investasi asing, baik China atau negara lain. "Kami tidak memfokuskan kepada China semata melainkan ingin melindungi teknologi dan area penting lainnya," ujarnya kepada CNBC.

Kebijakan ini mendapat respon negatif dari pasar. Pasar khawatir AS akan melembagakan larangan yang mungkin menghambat investasi dan meningkatkan perang dagang global.

Terkait kekhawatiran pasar, Trump mengatakan peningkatan CFIUS juga sudah memerhatikan aspek investasi. "Kami juga memerhatikan iklim investasi tetapi komitmen kami bahwa investasi asing harus menguntungkan ekonomi kita dan orang-orang kita," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5688 seconds (0.1#10.140)