Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Besar

Kamis, 27 September 2018 - 01:03 WIB
Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Besar
Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Besar
A A A
JAKARTA - Sebagai negara tropis di kawasan khatulistiwa, Indonesia memiliki potensi energi matahari melimpah sepanjang tahun. Di mana radiasi harian rata-rata energi surya 4.8 KWh/m2.

Sebab itu, sistem panel surya dapat dipasang di seluruh wilayah Indonesia selama lokasi terkena sinar matahari dan tidak terhalang bayangan benda apapun. Mengingat potensinya sangat besar dan merupakan sumber energi tak terbatas, serta ramah lingkungan, energi matahari dapat menjadi sumber energi utama di masa depan.

Dalam Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), kontribusi solar PV ditargetkan mencapai 6,4 GW pada 2025, terdiri atas sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) skala besar, solar home system (SHS), dan solar PV rooftop.

Dalam mendukung kebijakan pemerintah tersebut, ATW Solar berperan aktif dalam inventarisasi potensi pemanfaatan energi surya dengan ikut serta dalam Pameran Solar and Energy Storage 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 26-28 September 2018.

"Kami menjadi peserta dalam pameran Solar and Energy Storage Indonesia 2018 karena pameran ini telah dinobatkan menjadi salah satu pameran terbesar yang fokus memperkenalkan inovasi terbaru dan memamerkan solusi teknologi tinggi dan energi terbarukan di Indonesia," ujar Direktur Utama PT ATW Sejahtera, Paulus Adi Wahono, dalam keterangan persnya, Rabu (26/9/2018).

Selain menjadi peserta, ATW Sejahtera juga berbagi ilmu dengan menjadi narasumber dalam seminar dengan topik 'Reliability Meets Green Energy: Solar Energy System Application' pada 26 September 2018 saat berlangsungnya pameran.

ATW Solar menggunakan teknologi panel surya dari REC, merupakan merek panel surya terbesar di Eropa dengan pengalaman 20 tahun. Sebagai penyedia tenaga surya resmi yang disertifikasi, ATW Solar dapat memberikan garansi dua tahun di atas garansi 10 tahun panel surya REC. ATW Solar juga menggunakan inverter surya KACO New Energy, salah satu produsen terbesar di dunia dalam bisnis fotovoltaik.

Selain menjual solusi solar energy, PT ATW Sejahtera adalah main distributor dari Solar panel merek REC, produk Eropa terkemuka untuk panel surya fotovoltaik (PV). Di mana perusahaan akan meluncurkan panel surya jenis terbaru berkinerja tinggi N-Peak di stand ATW Solar.

"Ini adalah panel surya pertama yang menggabungkan sel mono tipe N dengan desain panel-ganda, dan menjanjikan output daya yang sangat baik hingga mencapai 330 watt untuk tipe 60-sel," ujar perwakilan REC di Indonesia, Victor Samuel.

Sebagai perusahaan Indonesia penyedia solusi tenaga surya, ATW Solar sudah mengerjakan banyak proyek seperti untuk rumah hunian, gedung komersial, maupun industri. Bertumpu pada komitmen perusahaan untuk memberikan layanan terbaik, ATW Solar bermitra dengan pabrikan terbaik di bidangnya yaitu, REC (Norwegia), KACO (Jerman) dan Fronius (Austria).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5782 seconds (0.1#10.140)