Siap Beroperasi, MRT Jakarta Tes Pengasapan Terowongan

Minggu, 23 Desember 2018 - 02:13 WIB
Siap Beroperasi, MRT Jakarta Tes Pengasapan Terowongan
Siap Beroperasi, MRT Jakarta Tes Pengasapan Terowongan
A A A
JAKARTA - PT Mass Rappid Transit (MRT) Jakarta terus melakukan persiapan jelang resmi dioperasikan pada Maret 2019 mendatang. Berbagai test dilakukan guna memastikan kesiapan operasi, salah satunya tes pengasapan terowongan (tunnel smoke test).

Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta, Tubagus Hikmatullah mengatakan, tes pengasapan ini untuk memastikan kerja dadi pada kipas ventilasi terowongan yakni mengalirkan asap keluar melalui Suar Ventilasi (Ventilation Tower/VT).

“Hal ini dilakukan untuk membuat simulasi situasi kebakaran di dalam terowongan MRT Jakarta dan memastikan sistem dan kapasitas kipas ventilasi terowongan (Tunnel Ventilation Fan/TFV) bekerja sesuai fungsinya,” ujar Tubagus dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (22/12)

Hikmatullah menambahkan, test ini nantinya akan dilakukan pada dua stasiun bawah Tanah milik MRT Jakarta yakni Stasiun MRT Istora dan Stasiun Dukuh Atas. Untuk waktu pengetesannya juga dilakukan dalam dua waktu berneda, di mana Stasiun MRT Istora pada pukul 08.30 hingga 12.00 WIB.

Selanjutnya Stasiun Dukuh Atas pada pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. “Dalam simulasi ini akan digunakan jenis asap yang tidak mengeluarkan bau (odorless) dan tidak pedih di mata,” imbuh Hikmatullah.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5928 seconds (0.1#10.140)