Kurangi Utang, Menkeu Dorong Peran Swasta Bangun Infrastruktur

Kamis, 31 Januari 2019 - 12:41 WIB
Kurangi Utang, Menkeu Dorong Peran Swasta Bangun Infrastruktur
Kurangi Utang, Menkeu Dorong Peran Swasta Bangun Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan berbagai skema pembiayaan yang tidak melibatkan utang. Salah satunya dengan melibatkan swasta dalam pembangunan infrastruktur yang dikenal dengan skema public private partnership (PPP) atau kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyanimengatakan, dengan skema ini pemerintah tak ingin membangun infrastruktur hanya dengan mengandalkan utang. Swasta, tegas dia, dalam hal ini diminta ikut berperan dalam membangun infrastruktur di Indonesia.

"Jangan sampai ada yang mengira pemerintah cuma mikirnya utang, utang, utang, saja. Kita gunakan skema KPBU agar swasta berperan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dia memaparkan beberapa jenis skema KPBU yang dijalan seperti project development facility, viability gap fund, infrastructure guarantee, dan availibility payment scheme. Skema-skema ini menurutnya tidak akan membebani APBN.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga menyebutkan bahwa pemerintah menyiapkan skema pendanaan pembangunan yang baru dengan memanfaatkan dana orang-orang kaya. Skema ini, akan semakin memperkaya skema pendanaan pembangunan melibatkan swasta yang telah ada sebelumnya. Melalui skema ini, pemerintah menyasar dana para dermawan untuk membangun infrastruktur.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3896 seconds (0.1#10.140)