Jokowi: Pasar Tradisional Harus Bisa Bersaing dengan Online

Selasa, 12 Maret 2019 - 12:59 WIB
Jokowi: Pasar Tradisional Harus Bisa Bersaing dengan Online
Jokowi: Pasar Tradisional Harus Bisa Bersaing dengan Online
A A A
TANGERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus memperbaiki ekosistem penjualan offline agar tak tergerus oleh penjualan online.

Berdasarkan pengamatannya di beberapa negara, Jokowi meyebutkan perkembangan penjualan secara digital seringkali membuat tempat belanja ofline menjadi tutup. Jokowi menambahkan, saat berkunjung ke pasar-pasar tradisional, dirinya juga banyak menerima keluhan atas ekspansi situs belanja online.

"Apa yang saya dengar? Kita sekarang kalah dengan yang online-online. Hati-hati. Saya minta Kemendag, pasar-pasar mulai dibangun. Selain ekosistem online, juga perbaiki yang offline," ujar Jokowi di Tangerang, Selasa (12/3/2019).

Menurut Jokowi, Kemendag perlu menyiapkan pasar tradisional untuk memasuki era digital agar tetap siap bersaing dengan pemasaran online. "Kemendag harus membangun ekosistem online dan offline, disiapkan pasar rakyat agar memiliki marketplace dan platform untuk menuju era digital," tandasnya.

Jokowi juga mmeinta agar Kemendag membantu pemasaran untuk pasar tradisional, mulai dari kemasan hingga branding. "Itu penting, disambungkan ke market place dan siapkan branding-nya. Disiapkan market place global dan jaringan ke depan," ujarnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8208 seconds (0.1#10.140)