Menteri Susi Malu Indonesia Hasilkan Sampah Plastik Kedua Terbesar Dunia

Selasa, 09 April 2019 - 16:33 WIB
Menteri Susi Malu Indonesia Hasilkan Sampah Plastik Kedua Terbesar Dunia
Menteri Susi Malu Indonesia Hasilkan Sampah Plastik Kedua Terbesar Dunia
A A A
JAKARTA - Banyaknya sampah plastik menjadi perhatian khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Dia mengakui Indonesia saat ini penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua dunia setelah China.

"Indonesia penyumpang sampah plastik kedua di dunia. Harusnya kita malu. After China, kita ini the second biggest plastic dumper into ocean," ujar Susi di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Dia mengatakan, sampah plastik tersebut akan berdampak pada kehidupan hewan di laut dan mempengaruhi produksi ikan di Indonesia. "If we don't do anything, we will have more plastic than fish," cetusnya.

Karena itu, Susi meminta agar masyarakat untuk mengurangi ketergantungan terhadap plastik. Khususnya pada penggunaan plastik sehari-hari seperti kantong kresek yang kerap digunakan rumah tangga. Menurut dia, ibu-ibu bisa memelopori penggunaan wadah yang terbuat dari anyaman bambu atau kain untuk mengganti kantong kresek.

"Pasti sekarang ada kantong kresek di tas masing-masing minimal satu. Ibu-ibu kalau belanja bisa 10 kantong kresek. Mohon kurangi dari diri kita sendiri. Pakai tas anyaman, kantong kain, lebih artistik. Yang tidak setuju, tenggelamkan! Itu demi lingkungan," ujarnya sambil bercanda.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5819 seconds (0.1#10.140)