Meski Naik Tipis, BI Sebut Cadev Sebesar USD126,4 Miliar Masih Aman

Jum'at, 06 September 2019 - 22:39 WIB
Meski Naik Tipis, BI Sebut Cadev Sebesar USD126,4 Miliar Masih Aman
Meski Naik Tipis, BI Sebut Cadev Sebesar USD126,4 Miliar Masih Aman
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa pada bulan Agustus mencapai USD126,4 miliar. Jumlah ini hanya naik tipis dibandingkan cadev bulan Juli sebesar USD125,9 miliar.

Meski kenaikan ini tidak terlalu besar, Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti, mengatakan cadangan devisa bulan Agustus menunjukkan kondisi perekonomian yang aman dan terkendali.

"Angka cadangan devisa ini aman karena masih setara dengan pembiayaan 7,4 bulan impor atau 7,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah," terang Destry di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Ia menerangkan, cadangan devisa Agustus ini berasal dari capital inflow dan musim pembayaran bunga. Inflow Agustus disebut sedang tersendat, sementara musim pembayaran bunga sudah lewat.

"Jadi memang kenaikannya enggak besar banget karena sumbernya dari inflow. Dan portfolio di Agustus agak tersendat, kemudian yang kedua devisa naik karena musim pembayaran bunga itu sudah lewat, biasanya dia sekitar bulan Juni-Juli," ujar Destry.

Sementara itu, pasar keuangan masih tertekan akibat masih adanya perang dagang dan kebijakan ekonomi di Amerika Serikat. Hal ini membuat aliran modal asing terganggu.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8610 seconds (0.1#10.140)